Rancang Bangun Mobile Application untuk Peningkatan Layanan Kesehatan Mental Mahasiswa Sistem Informasi Angkatan 2020 Universitas Multimedia Nusantara.

Wandi, Mar (2023) Rancang Bangun Mobile Application untuk Peningkatan Layanan Kesehatan Mental Mahasiswa Sistem Informasi Angkatan 2020 Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB)

Abstract

Pada masa sekarang, mahasiswa sudah memasuki tahap pembelajaran secara tatap muka dan berada di masa adaptasi dengan perubahan new normal dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Dalam dunia perkuliahan, mahasiswa dapat berteman mulai dari teman sekelas hingga lintas jurusan. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa dapat berteman hingga membagikan cerita pribadi kepada orang lain yang menyebabkan kesehatan mental mahasiswa terganggu. Dengan itu, Mahasiswa membutuhkan layanan profesional untuk mendiagnosa kesehatan mental saat ini sehingga proses perkuliahan dapat berjalan dengan lancar. Untuk memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan layanan tersebut, maka dibutuhkan kolaborasi layanan psikologi dengan menggunakan teknologi informasi dan Komunikasi sebagai sarana penyaluran kesehatan mental dalam bentuk online maupun offline. Pada perancangan sistem berbasis mobile application ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan secara kualitatif menggunakan metode prototyping. Aplikasi ini dikembangkan melalui Android Studio dan bahasa pemrograman Java dengan PHP untuk mengolah database aplikasi. Adapun tahap perancangan aplikasi yang dimulai dari mendesain mockup/prototype aplikasi, mengolah kode pemrograman aplikasi, serta menguji proses aplikasi secara menyeluruh. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sistem berupa platform aplikasi mobile khususnya Android yang dibangun berdasarkan kebutuhan dan saran yang telah dikumpulan dari hasil survei melalui kuesioner. Aplikasi ini ditujukan kepada para mahasiswa/i Unversitas Multimedia Nusantara untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan mental mahasiswa/i.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Android, Kesehatan Mental, Mobile, Platform, Prototype
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Jul 2023 09:45
Last Modified: 02 Aug 2023 03:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26202

Actions (login required)

View Item View Item