Analisis Strategi Persuasif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Difabel (Studi Analisis Isi Kampanye Sosial Media pada Akun @Lipstickuntukdifabel)

Aliandra, Kelly (2023) Analisis Strategi Persuasif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Difabel (Studi Analisis Isi Kampanye Sosial Media pada Akun @Lipstickuntukdifabel). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penyandang disabilitas di Indonesia masih mendapatkan perlakuan diskriminasi dan digambarkan dengan stigma negatif di masyarakat. Hal ini yang menjadi permasalahan utama dari terbentuknya kampanye sosial media melalui akun Instagram @Lipistickuntukdifabel. Penelitian berjudul " Analisis Strategi Pesan Persuasif Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Difabel (Studi Analisis Isi Kampanye Sosial Media Dalam Akun Instagram @Lipstickuntukdifabel)" bertujuan untuk mengetahui proporsi strategi pesan persuasif pada pesan ­ pesan yang dibagikan sebagai upaya meningkatkan kepercayaan diri difabel oleh akun tersebut. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif dengan metode penelitian analisis isi yang dibantu oleh penggunaan teori retorika dan konsep kampanye digital, media social, penyandang disabilitas, dan kepercayaan diri sebagai acuan penelitian. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan 6 taktik retorika persuasif terdapat 29% pesan meaningfulness (kebermaknaan), 26% pesan attention-attracting (menarik perhatian), 24% pesan interactivity seeking (pencarian aktivitas), 12% pesan mood affecting (mempengaruhi emosi), 6% pesan collaboration (kolaborasi), dan 3% pesan claiming expertise (mengklaim keahlian).

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kampanye digital, disabilitas, media sosial, strategi pesan persuasif
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:45
Last Modified: 20 Jul 2023 11:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26258

Actions (login required)

View Item View Item