Manajemen Konflik dalam Upaya Mempertahankan Hubungan Romantis selama Masa Pandemi (Pengalaman dan Pemaknaan Perempuan Generasi Z dalam Menyelesaikan Konflik Selama Masa Pandemi Covid19)

Samuel Andika, Jeff (2023) Manajemen Konflik dalam Upaya Mempertahankan Hubungan Romantis selama Masa Pandemi (Pengalaman dan Pemaknaan Perempuan Generasi Z dalam Menyelesaikan Konflik Selama Masa Pandemi Covid19). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB)

Abstract

Virus COVID-19 yang diumumkan World Health Organization (WHO), diumumkan pertama kali muncul pada Bulan Desember tahun 2019 di Wuhan, China. Lalu, pada masa awal masuk ke Indonesia di Januari 2020, COVID-19 menyebabkan berbagai dampak kepada berbagai aspek dalam kehidupan. Berbagai upaya pemerintah menangani COVID-19 dilakukan, salah satu-nya adalah pembatasan jarak dan mobilitas. Ini sangat berdampak bagi beberapa orang yang menjalankan hubungan romantis. Konflik-konflik baru dalam hubungan mulai bermunculan karena adannya jarak dan hambatan komunikasi yang disebabkan oleh program pemerintah untuk menangani COVID-19. Konflik-konflik yang ada bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan dalam hubungan. Namun dengan adannya manajemen konflik yang benar yang dilakukan oleh kedua belah pihak yang menjalankan hubungan romantis, maka hubungan bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konflik interpersonal apa saja yang terdapat dalam hubungan romantis Generasi Z selama masa pandemi COVID-19 dan untuk mengetahui secara mendalam tentang pengalaman pasangan mengatasi konflik melalui komunikasi interpersonal dalam hubungan romantis Generasi Z, terutama pada saat pandemi COVID-19. Paradigma yang digunakan pada penelitian ini adalah paradigma konstruktivis, jenis penelitian kualitatif deskriptif, metode penelitian yang digunakan adalah fenomenologi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara secara mendalam (Indepth Interview). Penelitian ini menghasilkan sebagian Generasi Z yang menjalankan hubungan di masa pandemi COVID-19 berhasil melewati berbagai konflik yang dialami. Peningkatan konflik pada masa pandemi semakin menantang karena adanya konflik terkait dengan komunikasi dan juga jarak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: COVID-19, Hubungan Romantis, Manajemen Konflik, Komunikasi Interpersonal, Generasi Z
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:50
Last Modified: 20 Jul 2023 11:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26309

Actions (login required)

View Item View Item