Analisis strategi harian kompas dalam menarik minat membaca generasi milenial melalui peningkatan engegament di media social instagram @kompasmuda

Marsha, Caroline (2023) Analisis strategi harian kompas dalam menarik minat membaca generasi milenial melalui peningkatan engegament di media social instagram @kompasmuda. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (128kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kompas Muda di Instagram berhasil menarik perhatian audience dengan konten yang menarik dan relevan bagi generasi milenial, sambil tetap menjaga fokus sebagai media edukasi. Jumlah pengikut akun Instagram Kompas Muda telah mencapai 69.000, menunjukkan peran Kompas sebagai wadah untuk mendukung kreativitas anak muda. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi yang diterapkan oleh Kompas dalam membangun minat baca generasi milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan studi kasus yang berfokus pada minat membaca generasi milenial di akun Instagram @kompasmuda. Analisis dilakukan berdasarkan konsep strategis SOSTAC oleh Chaffey (2017). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep SOSTAC dalam Kompas Muda terdiri dari beberapa langkah, yaitu: (1) Situation, melibatkan pembentukan tim media sosial untuk meninjau kompetitor, (2) objective, mencakup kinerja 5S: Sell, Serve, Sizzle, Speak, dan Save, (3) strategy, dengan menargetkan audiens anak muda fresh graduate yang menghadapi masa transisi, (4) tactics, melalui konten yang mengandung informasi relevan bagi generasi saat ini dengan tagline energik, kreatif, dan inovatif, (5) action, dengan menggunakan mascotBara dan Diara untuk menarik minat baca audience, (6) control, denganmengukur keberhasilan konten berdasarkan jumlah pengikut yang menyimpan, membagikan, dan mengomentari postingan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Social Media, Minat Membaca, Instagram, SOSTAC. Analisis Strategi Harian Kompas Dalam Menarik Minat Membaca Generasi Milenial Melalui Peningkatan Engagement Di Media Social Instagram @Kompasmuda, Caroline Marsha, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:51
Last Modified: 20 Jul 2023 11:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26312

Actions (login required)

View Item View Item