Hartono, Stephanie (2023) Strategi Relationship Marketing Organisasi Non-Profit dalam Fundraising untuk Mempertahankan Loyalitas Donatur (Studi Kasus pada UNICEF Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (771kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (421kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (376kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Keberadaan organisasi nonprofit di Indonesia terus berkembang di Indonesia. Donor atau donatur merupakan sumber pendanaan organisasi non profit dalam menjalankan tujuan dan segala kegiatannya melalui kegiatan penggalangan dana. Menjalin hubungan yang baik dengan donor merupakan salah satu yang terpenting daripada hubungan dengan yang lain. Dengan begitu dibutuhkan strategi relationship marketing dalam membangun hubungan jangka panjang yang kuat dengan donor. UNICEF Indonesia menggunakan strategi relationship marketing dalam mempertahankan loyalitas donor. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui strategi relationship marketing dalam fundraising UNICEF Indonesia untuk mempertahankan loyalitas donatur. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-profit relationship marketing, strategi komunikasi organisasi non-profit, dan customer loyalty. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UNICEF Indonesia menerapkan strategi relationship marketing dan tahapan strategi komunikasi non-profit pada fundraising untuk mempertahankan loyalitas donatur. Aktivitas relationship marketing yang dijalankan yaitu melalui database marketing, telemarketing, dan event. Untuk mempertahankan loyalitas para donor UNICEF memastikan tiap donor mendapatkan komunikasi rutin sehingga hubungan yang erat tetap terjalin, memberikan welcome pack dan onboarding journey pada donor yang baru bergabung, melakukan satisfaction survey, memberikan reward/gift. Menjaga donor satisfaction and trust menjadi kunci dalam terbentuknya emotional bond dengan para donor sehingga dapat mempertahankan loyalitas donor.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | UNICEF Indonesia, Strategi Relationship Marketing, Fundraising, Loyalitas pelanggan |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 09:53 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26338 |
Actions (login required)
View Item |