Strategi Relationship Marketing Organisasi Non-Profit dalam Fundraising untuk Mempertahankan Loyalitas Donatur (Studi Kasus pada UNICEF Indonesia)

Hartono, Stephanie (2023) Strategi Relationship Marketing Organisasi Non-Profit dalam Fundraising untuk Mempertahankan Loyalitas Donatur (Studi Kasus pada UNICEF Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keberadaan organisasi nonprofit di Indonesia terus berkembang di Indonesia. Donor atau donatur merupakan sumber pendanaan organisasi non profit dalam menjalankan tujuan dan segala kegiatannya melalui kegiatan penggalangan dana. Menjalin hubungan yang baik dengan donor merupakan salah satu yang terpenting daripada hubungan dengan yang lain. Dengan begitu dibutuhkan strategi relationship marketing dalam membangun hubungan jangka panjang yang kuat dengan donor. UNICEF Indonesia menggunakan strategi relationship marketing dalam mempertahankan loyalitas donor. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui strategi relationship marketing dalam fundraising UNICEF Indonesia untuk mempertahankan loyalitas donatur. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Konsep dan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-profit relationship marketing, strategi komunikasi organisasi non-profit, dan customer loyalty. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa UNICEF Indonesia menerapkan strategi relationship marketing dan tahapan strategi komunikasi non-profit pada fundraising untuk mempertahankan loyalitas donatur. Aktivitas relationship marketing yang dijalankan yaitu melalui database marketing, telemarketing, dan event. Untuk mempertahankan loyalitas para donor UNICEF memastikan tiap donor mendapatkan komunikasi rutin sehingga hubungan yang erat tetap terjalin, memberikan welcome pack dan onboarding journey pada donor yang baru bergabung, melakukan satisfaction survey, memberikan reward/gift. Menjaga donor satisfaction and trust menjadi kunci dalam terbentuknya emotional bond dengan para donor sehingga dapat mempertahankan loyalitas donor.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: UNICEF Indonesia, Strategi Relationship Marketing, Fundraising, Loyalitas pelanggan
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:53
Last Modified: 20 Jul 2023 10:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26338

Actions (login required)

View Item View Item