Komunikasi Partisipatif Konservasi Indonesia dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Papua terhadap Permasalahan Sampah

James Widjojoarto, Kevin (2023) Komunikasi Partisipatif Konservasi Indonesia dalam Membangun Kesadaran Masyarakat Papua terhadap Permasalahan Sampah. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (937kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (488kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pencemaran lingkungan telah menjadi masalah kompleks global yang mempengaruhi berbagai sektor, termasuk industri, transportasi, pertanian, dan pemukiman manusia. Konsekuensi dari pencemaran lingkungan ini mengancam kesehatan manusia dan keberlangsungan hidup semua makhluk di bumi. Bentuk pencemaran yang umum meliputi pencemaran udara, air, dan tanah. Salah satu permasalahan serius yang perlu ditangani adalah masalah pengelolaan sampah, di mana jutaan ton sampah dihasilkan setiap tahun di seluruh dunia, banyak diantaranya sulit terurai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Konservasi Indonesia (KI) dalam membangun kesadaran masyarakat Papua terhadap permasalahan sampah. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk menggali informasi yang dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana Konservasi Indonesia (KI) dalam membangun kesadaran Masyarakat Papua terhadap permasalahan sampah. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik, menghasilkan tiga tema utama yaitu; "Tentang Masyarakat Papua", "Pendekatan Konservasi Indonesia", dan "Kolaborator Konservasi Indonesia". Penelitian ini mengacu pada konsep-konsep komunikasi lingkungan, NGO, komunikasi partisipatif, dan karakteristik generasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mempertimbangkan identitas budaya, karakteristik audiens, dan melibatkan masyarakat lokal atau komunitas lokal, Konservasi Indonesia (KI) dapat membangun kesadaran masyarakat dan berdampak positif dalam menyampaikan isu lingkungan kepada masyarakat Papua.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pencemaran Lingkungan, Komunikasi Lingkungan, Konservasi Indonesia, Kampanye Pengelolaan Sampah, Non-Governmental Organization
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:56
Last Modified: 20 Jul 2023 11:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26366

Actions (login required)

View Item View Item