Pengukuran Kapabilitas Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 2019 pada PT Bukit Makmur Mandiri Utama

Ripai Silaban, Lexand (2023) Pengukuran Kapabilitas Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 2019 pada PT Bukit Makmur Mandiri Utama. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penerapan Teknologi Informasi (TI) telah dilakukan di hampir seluruh aspek kehidupan maupun perusahaan. PT. Bukit Makmur Mandiri Utama Jobsite BINSUA (BUMA BINSUA) merupakan salah satu full service kontraktor pertambangan yang telah menerapkan TI untuk melakukan kegiatan operasional pertambangannya, namun penerapannya masih belum sempurna dan masih menimbulkan masalah yang berkaitan dengan kebutuhan dan pengembangan sumber daya perusahaan, seperti tidak memiliki prosedur dalam mengklasifikasikan risiko TI, tidak memiliki pedoman formal untuk mengumpulkan data terkait dengan risiko TI, tidak memiliki standar dalam menyelesaikan masalah, dan kesulitan dalam memahami risiko internal dan eksternal TI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kapabilitas tata kelola TI pada BUMA BINSUA dengan menggunakan COBIT performance management berdasarkan kerangka kerja COBIT 2019. Objektif proses yang terpilih berdasarkan faktor desain adalah EDM03 (Ensured Risk Optimization), APO12 (Collect Data), MEA03 (Managed Compliance With External Requirements), MEA04 (Managed Assurance). Hasil dari pengukuran kapabilitas objektif proses yang telah dilakukan, objektif proses EDM03 berhenti pada level 3, objektif proses APO12 berhenti di level 2, objektif proses MEA03 berhenti di level 3 dan objektif proses MEA04 berhenti di level 2. Keempat objektif proses tersebut masih didapatkan beberapa temuan yang harus diperbaiki oleh perusahaan. Perbaikan yang dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan rekomendasi perbaikan yang sudah diberikan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: COBIT 2019, Faktor Desain, Kapabilitas.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 000 Computer Science, Information and General Works
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:56
Last Modified: 03 Aug 2023 00:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26369

Actions (login required)

View Item View Item