Strategi Komunikasi Komunitas Saung Angklung Udjo dalam Mempopulerkan Budaya Lokal (Studi Kasus terhadap Budaya Lokal Musik di Indonesia)

Aluzio Angelo, Eldorado (2023) Strategi Komunikasi Komunitas Saung Angklung Udjo dalam Mempopulerkan Budaya Lokal (Studi Kasus terhadap Budaya Lokal Musik di Indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Angklung merupakan identitas dan warisan Budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO sebagai karya agung Warisan Budaya. Era globalisasi sangat memerlukan strategi komunikasi yang tepat agar budaya angklung dapatdipopulerkan lebih kepada warga lokal dan mancanegara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunitas Saung Angklung Udjo dalam mempopulerkan budaya lokal dengan penyampaian pesan melalui budaya lokal musik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara mendalam dengan anggota komunitas Saung Angklung Udjo, observasi partisipatif, dan analisis konten dari media sosial yang digunakan. Data yang terkumpul dianalisis secara induktif melalui proses pengkodean dengan tema yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Angklung sempat kurang dukungan di tengah perkembangan budaya modern dan dominasi musik populer dari budaya barat. Namun melalui strategi komunikasi dalam komunitas oleh Machfoedz, angklung dapat dipopulerkan kepada khalayak yang lebih luas melalui dunia digital dan melalui berbagai kegiatan berdasarkan perspektif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan pentingnya penggunaan strategi komunikasi yang tepat dalam mendukung budaya alat musik tradisional di era digital, dalam konteks ini, komunitas angklung perlu memanfaatkan media sosial, situs web, platform digital lainnya untuk mempopulerkan budaya angklung, memberikan sajian informasi mengenai sejarah dan keunikan angklung dengan cara yang berbeda. Serta menekankan nilai kolaborasi dengan pihak lainnya dalam optimisme membentuk angklung sebagai masa depan Indonesia dalam membentuk sebuah identitas budaya yang lebih kuat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Angklung, Budaya Lokal Musik, Strategi Komunikasi, Komunitas, Kualitatif, Media Sosial, Kolaborasi
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:57
Last Modified: 20 Jul 2023 10:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26379

Actions (login required)

View Item View Item