Strategi Perencanaan Program Komunikasi Internal PT XYZ dalam Melakukan Sosialisasi Budaya AKHLAK BUMN

Sada Rifana Saraswati, Andiva (2023) Strategi Perencanaan Program Komunikasi Internal PT XYZ dalam Melakukan Sosialisasi Budaya AKHLAK BUMN. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini, tantangan bisnis semakin kompleks dan variatif. Tantangan VUCA diyakini menjadi salah satu tantangan yang dapat menembus hampir di seluruh lini bisnis tanpa. VUCA dapat dihindari dengan kemampuan adaptasi terhadap sikap SDM-nya sendiri. Oleh karena itu, Kementerian BUMN mengadakan transformasi BUMN dalam sisi human capital secara menyeluruh terhadap BUMN Indonesia pada 1 Juli 2020 dengan melakukan penyelarasan nilai-nilai utama yang diketahui bernama budaya AKHLAK. Maka, PT XYZ selaku salah satu BUMN Karya membuat program komunikasi internal untuk mensosialisasikan budaya baru kepada karyawan. Telah dua tahun diterapkan, indeks implementasi AKHLAK PT XYZ masih berada dalam kategori C. Artinya, karyawan perlu meningkatkan penerapan AKHLAK, terutama di lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi perencanaan program komunikasi internal PT XYZ dalam melakukan sosialisasi budaya AKHLAK BUMN. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perencanaan komunikasi internal dilaksanakan PT XYZ melalui tahap strategic intent, define communication objectives, identify and prioritize target audience, identify themed messages, develop message styles, develop a media strategy, dan prepare the budget sesuai dengan konsep perencanaan program yang digagas oleh Cornelissen (2014). Penelitian ini menemukan bahwa eksekusi strategi perencanaan program dapat meningkatkan awareness karyawan terhadap budaya AKHLAK sehingga berdasarkan panduan dalam AKHLAK Culture Journey (2022), PT XYZ sudah menjajaki tahap penerimaan karena telah memiliki pemahaman yang kuat terhadap budaya perusahaan yang dianut. Namun, PT XYZ masih harus melakukan pengembangan program komunikasi internal terkait budaya AKHLAK agar karyawan segera memasuki tahap perubahan perilaku sehingga indeks implementasi AKHLAK pun turut meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: AKHLAK, BUMN, Program Komunikasi Internal, Sosialisasi Budaya, Strategi Perencanaan Program
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:58
Last Modified: 20 Jul 2023 10:58
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26380

Actions (login required)

View Item View Item