Valencia Widjaja, Fiona (2023) Motif Perilaku Belanja Impulsif Konsumen saat Menonton Tiktok Live akun Bittersweet by Najla di Jakarta. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (743kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (928kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (672kB) | Preview |
|
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
PDF
BAB_V.pdf Download (437kB) | Preview |
|
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Kemudahan penggunaan internet dan perkembangan teknologi membawa dampak besar pada gaya hidup manusia. Pengguna internet di Indonesia terus meningkat, sehingga mendorong perkembangan bisnis digital melalui sistem jual beli online dan media sosial seperti TikTok. Salah satu fitur di TikTok adalah TikTok Live memungkinkan pengguna memasarkan dan menjual produk langsung kepada penonton. Bisnis seperti Bittersweet by Najla sukses memanfaatkan fitur ini untuk memasarkan dan menjual produknya. Kemudahan akses internet dan keberadaan platform media sosial meningkatkan fenomena pembelian impulsif di mana TikTok menjadi media utamanya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu faktor-faktor penyebab seseorang melakukan impulsive buying melalui konsep impulsive buying dan faktor-faktornya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara kepada empat partisipan yang menonton TikTok Live akun Bittersweet by Najla. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi impulsive buying ketika konsumen menonton TikTok Live, yaitu kondisi suasana hati, pengaruh lingkungan, tampilan toko dan produk, demografis status sosial dan tempat tinggal, dan kepribadian individu.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Creators: | Valencia Widjaja, Fiona (00000041907) |
Contributors: | Susilo, Daniel |
Keywords: | Perilaku Pembelian Impulsif, TikTok Live, Online Shopping, Bittersweet by Najla |
Subjects: | 300 Social Sciences |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 09:58 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26381 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |