Pengaruh product placement subway dalam drama korea "the first responders" terhadap purchase intention

Audina, Yusiana (2023) Pengaruh product placement subway dalam drama korea "the first responders" terhadap purchase intention. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Product placement adalah menempatkan pesan persuasif suatu merek atau produk pada tayangan televisi, film, atau drama. Subway merupakan salah satu merek yang melakukan strategi pesan product placement pada tayangan drama Korea The First Responders, karena hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh dari pesan product placement Subway pada drama Korea The First Responders terhadap purchase intention Subway pada masyarakat Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori Elaboration Likelihood model, konsep Pesan Product Placement dan Purchase Intention. Pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan metode survei dan kuesioner sebagai instrumen pengambilan data digunakan dalam penelitian ini. Karakteristik responden dalam penelitian ini yaitu masyarakat Indonesia yang sudah menonton drama Korea The First Responders episode 7 dan 10 serta melihat kegiatan pesan product placement Subway pada drama tersebut. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel pesan product placement dengan variabel purchase intention saling berhubungan dengan nilai korelasi yang kuat sebesar 0,628. Hasil uji T menunjukan variabel pesan product placement (X) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel purchase intention (Y), dengan besaran pengaruh sebesar 39,4%. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pesan product placement efektif digunakan dalam komunikasi pemasaran dengan tujuan salah satunya yaitu purchase intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Subway, The First Responders, Pesan Product Placement, Purchase Intention.
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:58
Last Modified: 20 Jul 2023 10:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26390

Actions (login required)

View Item View Item