Resepsi Generasi Z Berdasarkan Gaya Berpakaian Androgini Jovi Adhiguna

Yusya Afra, Sausan (2023) Resepsi Generasi Z Berdasarkan Gaya Berpakaian Androgini Jovi Adhiguna. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (144kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pakaian dan komunikasi merupakan dua hal yang berkaitan, hal ini karena pakaian merupakan salah satu bentuk komunikasi non verbal dalam jenis artifaktual yaitu sebagai pesan yang diungkapkan melalui pakaian. Gaya berpakaian androgini merupakan penyatuan gaya laki-laki dan perempuan, juga maskulinitas dan femininitas dalam satu tubuh. Jovi Adhiguna merupakan salah satu individu yang menggunakan serta menampilkan gaya berpakaian androgini di Instagram. Melalui hal tersebut, terdapat perbedaan makna yang disampaikan oleh Jovi Adhiguna dengan makna yang diterima oleh Generasi Z yang melihat gaya berpakaian androgini yang digunakan oleh Jovi Adhiguna. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemaknaan yang ditangkap Generasi Z dalam kategori (dominant hegemonic, negotiated reading, oppositional reading) berdasarkan gaya berpakaian androgini Jovi Adhiguna. Penelitian ini menggunakan teori analisis resepsi Stuart Hall pada tiga posisi pemaknaan yaitu dominant hegemonic, negotiated reading dan oppositional reading. Penelitian ini menggunakan metode preferred readings untuk menganalisis proses encoding dari Jovi Adhiguna. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma konstruktivisme kritis. Proses pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara mendalam dan observasi non partisipasi. Melalui penelitian ini, diperoleh hasil posisi resepsi yang berbeda-beda pada masing-masing informan. Tiga dari enam informan berada di posisi oposisi, dua dari enam informan berada di posisi dominan dan satu dari enam informan berada di posisi negosasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Analisis Resepsi, Androgini, Jovi Adhiguna
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 20 Jul 2023 09:59
Last Modified: 20 Jul 2023 10:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26394

Actions (login required)

View Item View Item