Lois David, Ronald (2023) Melihat Proses Literasi di Media Massa Analog & Digital Oleh Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (501kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (652kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (563kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (874kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (417kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (858kB) |
Abstract
Minimnya minat baca pada Generasi Z mempengaruhi keterampilan mereka dalam melakukan literasi khususnya di media massa seperti media online dan juga media sosial. Dengan kurangnya minat literasi tentunya ada hambatan bagi mereka para Generasi Z dalam mencari, mendapatkan, dan mengolah informasi yang didapatkan. Berdasarkan ketiga tahapan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak hambatan yang Generasi Z alami dan akan menjadi tantangan bagi Generasi Z dan generasi yang baru kedepannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif dengan tujuan ingin melakukan tanya jawab kepada narasumber secara langsung guna mendapatkan informasi lebih dalam terkait hambatan mereka dalam melakukan literasi. Berdasarkan jawaban ketiga narasumber ada beberapa faktor yang menghambat mereka dalam melakukan literasi seperti Hambata dalam menggunakan media massa, Hambatan untuk melakukan literasi, dan Hambatan dalam melakukan tahapan literasi (mencari, mendapatkan, dan mengolah informasi) yang ada. Ada juga faktor pendorong yang dapat menjadi tantangan bagi gen dalam melakukan literasi seperti bagaimana caramelalui media massa dan mengakses informasi yang diminati oleh Generasi Z. Generasi Z memang dikenal sebagai generasi dengan minimnya tingkat literasi. Kendati demikian, Generasi Z juga sudah berusaha melakukan literasidi media massa yang mereka gunakan sehari hari yaitu media online dan media sosial dengan cara membangun kebiasaan membaca dan refleksi diri, mengikuti informasi atau berita terupdate dimedia sosial, ada juga yang melakukan literasi dengan melihat konten
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Generasi Z, Media Massa, Literasi |
Subjects: | ?? HD30 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 22 Jul 2023 09:44 |
Last Modified: | 22 Jul 2023 10:44 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26406 |
Actions (login required)
View Item |