Melihat Proses Literasi di Media Massa Analog & Digital Oleh Generasi Z

Lois David, Ronald (2023) Melihat Proses Literasi di Media Massa Analog & Digital Oleh Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (563kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)

Abstract

Minimnya minat baca pada Generasi Z mempengaruhi keterampilan mereka dalam melakukan literasi khususnya di media massa seperti media online dan juga media sosial. Dengan kurangnya minat literasi tentunya ada hambatan bagi mereka para Generasi Z dalam mencari, mendapatkan, dan mengolah informasi yang didapatkan. Berdasarkan ketiga tahapan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak hambatan yang Generasi Z alami dan akan menjadi tantangan bagi Generasi Z dan generasi yang baru kedepannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif dengan tujuan ingin melakukan tanya jawab kepada narasumber secara langsung guna mendapatkan informasi lebih dalam terkait hambatan mereka dalam melakukan literasi. Berdasarkan jawaban ketiga narasumber ada beberapa faktor yang menghambat mereka dalam melakukan literasi seperti Hambata dalam menggunakan media massa, Hambatan untuk melakukan literasi, dan Hambatan dalam melakukan tahapan literasi (mencari, mendapatkan, dan mengolah informasi) yang ada. Ada juga faktor pendorong yang dapat menjadi tantangan bagi gen dalam melakukan literasi seperti bagaimana caramelalui media massa dan mengakses informasi yang diminati oleh Generasi Z. Generasi Z memang dikenal sebagai generasi dengan minimnya tingkat literasi. Kendati demikian, Generasi Z juga sudah berusaha melakukan literasidi media massa yang mereka gunakan sehari hari yaitu media online dan media sosial dengan cara membangun kebiasaan membaca dan refleksi diri, mengikuti informasi atau berita terupdate dimedia sosial, ada juga yang melakukan literasi dengan melihat konten

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Generasi Z, Media Massa, Literasi
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Jul 2023 09:44
Last Modified: 22 Jul 2023 10:44
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26406

Actions (login required)

View Item View Item