Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 2019 pada PT XYZ Tbk

Viriyatama Lim, Marco (2023) Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 2019 pada PT XYZ Tbk. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (630kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (726kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

PT XYZ Tbk adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang ritel. Penelitian ini dilakukan karena terdapat masalah yang terjadi pada perusahaan. Permasalahan yang terjadi adalah jaringan yang buruk dan database yang bermasalah dari pihak ketiga serta kurangnya pemahaman karyawan toko ketika melakukan input transaksi dan produk atau layanan baru masuk. Untuk menangani masalah tersebut maka akan dilakukan pengukuran tingkat kapabilitas tata kelola teknologi informasi menggunakan kerangka kerja COBIT 2019 menggunakan pengambilan data berdasarkan wawancara dan kuesioner. Dari hasil wawancara dan kuisioner tersebut akan dijadikan acuan dalam pemilihan proses yang cocok untuk mengatasi permasalahan di perusahaan. Domain yang menjadi prioritas pada penelitian ini adalah APO12 ­ Manage Risk, BAI03- Managed Solution Identification and Build, BAI06 ­ Managed IT Changes dan BAI10 ­ Managed Configuration. Hasil penelitian terhadap tata kelola IT di perusahaan PT XYZ Tbk adalah domain APO12 berhenti pada level 3 dengan kategori largely achieved, sedangkan BAI03 dan BAI06 berada pada berada 4 dengan kategori largely achieved, dan untuk BAI10 berada pada level 4 dengan kategori fully achieved dan mencapai expected capability perusahaan. Hasil penelitian dapat digunakan untuk mengetahui tingkat tata kelola teknologi informasi yang dimiliki perusahaan, dan dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat kapabilitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: COBIT 2019, Tata Kelola Teknologi Informasi, Tingkat Kapabilitas
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.1 Programming, Programming Language
600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 600 Technology
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Jul 2023 09:44
Last Modified: 02 Aug 2023 03:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26410

Actions (login required)

View Item View Item