Program Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menggugah dan Menggairahkan melalui Metode Hibur dan Evaluasi Menantang sebagai Upaya Pembentukan Nasionalisme dalam Bahasa

Kuntarto, Niknik M (2014) Program Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menggugah dan Menggairahkan melalui Metode Hibur dan Evaluasi Menantang sebagai Upaya Pembentukan Nasionalisme dalam Bahasa. In: Prosiding Seminar Internasional Bahasa dan Sastra 2014. Panitia Seminar Internasional Bahasa dan Sastra 2014, pp. 397-405.

[img]
Preview
Text
Program Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menggugah dan Menggairahkan melalui Metode Hibur dan Evaluasi Menantang sebagai Upaya Pembentukan Nasionalisme dalam Bahasa.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses belajar di tingkat perguruan tinggi selama ini kerap diasosiasikan dengan keseriusan, kemandirian usaha, dan rigoritas metodologisnya. Bahasa Indonesia, sebagai salah satu mata kuliah yang diamanahkan Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi merupakan mata kuliah wajib kurikulum Pendidikan Tinggi (pasal 35 ayat 3) yang tidak luput dari asosiasi tersebut. Untuk mengupayakan pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat pendidikan tinggi agar menarik (ethos), menantang secara intelektual (logos), dan menggairahkan (pathos) diperlukan sebuah metode khusus. Metode hibur merupakan nama dari usaha kreatif dalam pengembangan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia di ruang kuliah Universitas Multimedia Nusantara. Dengan mendasarkan diri pada epistemology bermain dari Ki Hadjar Dewantara dan ontology bermain dari Hans-Georg Gadamer, dikembangkanlah metode hibur yang meliputi kuis bintang ejaan, kuis bintang diksi, kuis bintang kalimat, kuis gambar, kuis imajinasi, lelang kata, monopoli, ular tangga, dan evaluasi yang menantang dalam bentuk pemberian nilai bintang, dan bebas UAS jika memenuhi persyaratan. Metode hibur berbentuk permainan bukanlah sekadar main-main yang tidak terarah dan tidak bernilai, melainkan justru lewat permainan, keseriusan mahasiswa untuk mendalami dan memahami materi ajar akan teruji, baik di level ethos, logos maupun pathosnya. Nilai pembangunan dan pengembangan kebangsaan dan karakter siswa didik merupakan makna serta tujuan dari metode hibur dan evaluasi yang menantang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat pendidikan tinggi. Dengan demikian, refleksi nasionalisme dalam Bahasa pun akan teruji.

Item Type: Book
Keywords: Bermain, menggugah, mengairahkan, evaluasi, dan metode
Subjects: 300 Social Sciences > 370 Education > 370 Education
400 Language > 490 Other language > 495 Languages of East and Southeast Asia (Incl. Bahasa Indonesia)
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 16 Aug 2023 08:14
Last Modified: 16 Aug 2023 08:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26482

Actions (login required)

View Item View Item