Peran Editor dalam Produksi Film Interaktif VR di Arunika XR Lab

Yoga Kristanto, Alfonsus (2023) Peran Editor dalam Produksi Film Interaktif VR di Arunika XR Lab. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Realitas Virtual adalah bukti bahwa teknologi semakin berkembang, dengan adanya VR penulis dapat merasakan pengalaman yang realistis karena penonton seolah- olah dibuat hadir/masuk kedalam kehidupan dunia virtualnya. Namun dibalik perkembagnan teknologi tersebut muncul berbagai permasalahan salah satunya yaitu kesehetan, penggunaan perangkat VR dalam jangka waktu yang cukup lama akan mengakibatkan pusing dan juga mual, itu bisa disebabkan karena belum terbiasa memakai perangkat tersebut dan juga otak menerima sinyal yang tercampur antara dunia nyata dan juga dunia virtual. Cahaya Cinta Perlahan Menyilaukan adalah film interaktif yang berbasis teknologi VR, tentu saja itu menjadi hal yang menarik karena biasanya sebagian orang hanya menonton film flat dengan rasio 16:9, namun kali ini audience bisa menonton film dengan 360 derajat dan juga dapat berinteraksi dengan film tersebut. Tentu saja ada beberapa teknik yang diperlukan seperti menghilangkan tripod atau biasa yang disebut nadir, kemudian plane to sphere untuk membuat teks melengkung. Dalam proyek CCPM tersebut penulis ikut ambil bagian sebagai editor, yang dimana penulis bertugas untuk membuat bumper, menghilangkan nadir, menyatukan footage, membuat motion graphic, dll. Selama penulis mengikuti magang di kampus UMN, penulis mendapatkan banyak sekali pengalaman dan juga tentunya ilmu yang sangat berguna untuk kedepannya.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Virtual Reality, Technology, Editing,
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.8 Augmented Reality, Virtual Reality
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Sep 2023 14:37
Last Modified: 25 Sep 2023 00:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26563

Actions (login required)

View Item View Item