Peran Assistant Colorist dalam Proses Color Grading di ABOVE Space

Audy P. Hutagalung, Calvin (2023) Peran Assistant Colorist dalam Proses Color Grading di ABOVE Space. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (984kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Ketertarikan penulis terhadap color grading berawal dari pengalaman penulis selama berkuliah di program studi film Universitas Multimedia Nusantara, penulis sering mengerjakan proyek film pendek dan berperan sebagai sinematografer yang juga merangkap menjadi colorist untuk proyek yang sama. Hal ini membuat penulis memutuskan untuk melakukan proses magang pada divisi color grading di ABOVE Space dengan tujuan mengetahui lebih dalam tentang color grading dan bagaimana pekerjaan tersebut dilakukan dalam industri profesional. Dalam program magang ini, penulis berperan sebagai assistant colorist yang memiliki tanggung jawab untuk membantu pekerjaan para colorist di ABOVE Space. Pada laporan ini, penulis membahas tentang tahapan-tahapan kerja yang dilakukan assistant colorist, yaitu conforming, menghadiri sesi color grading bersama client di studio, applying, finishing, dan rendering. Selama melakukan kerja magang sebagai assistant colorist di ABOVE Space, penulis banyak belajar tentang hal- hal yang teknis maupun non teknis terkait color grading. Dari segi teknis, penulis dapat mengetahui bagaimana workflow untuk color grading dalam dunia professional, dimulai dari tahap menerima materi untuk color grading sampai pada tahap rendering hasil atau output color grading. Penulis juga dapat mempelajari cara para colorist berkomunikasi langsung dengan client mereka, seperti sutradara, sinematografer, agency, dan lain sebagainya. Sebagai colorist, tidak hanya mahir dalam teknis color grading, penulis juga mempelajari bahwa penting untuk berpikir cepat dalam menemukan solusi-solusi dari kendala yang di hadapi.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Assistant Colorist, Commercial, Color Grading, Post Production.
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 745 Decorative arts > 745.7 Decorative Coloring
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Sep 2023 15:08
Last Modified: 25 Sep 2023 01:20
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26576

Actions (login required)

View Item View Item