Pembuatan Sistem Backend REST API dan Website Dashboard Monitoring untuk Aplikasi Transaksi Maggot di Kecamatan Sepatan Timur

Ariesto Adrian Finantyo, Bonifasius (2023) Pembuatan Sistem Backend REST API dan Website Dashboard Monitoring untuk Aplikasi Transaksi Maggot di Kecamatan Sepatan Timur. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Latar Belakang penelitian ini didasari oleh permasalahan sampah yang ada di Kabupaten Tangerang khususnya di Kecamatan Sepatan Timur. Di Kabupaten Tangerang, setiap harinya menghasilkan 2000 ton sampah per hari sedangkan yang mampu dikelola oleh dinas lingkungan hidup hanya 800 ton. Kecamatan Sepatan Timur, bekerja sama dengan KAMAGGOTA dan dukungan warga membentuk kampung tematik bernama kampung TEMPE untuk budidaya larva BSF sebagai inovasi yang memberdayakan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Awalnya, pencatatan transaksi maggot di kampung TEMPE dilakukan secara manual namun untuk memudahkan monitoring cash flow, Kecamatan Sepatan Timur memutuskan untuk membuat platform pencatatan transaksi. Metode / Teori yang digunakan pada pada penelitian ini, yakni merancang paltform pencatatan transaksi dengan arsitektur client-server pattern. Dengan menerapkan arsitektur ini maka client dan server akan berkomunikasi menggunakan API melalui protokol HTTP. Hasil Penelitan menunjukan setiap fungsionalitas yang dibuat berhasil berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan pada user requirement. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembuatan sistem backend REST API dan website dashboard monitoring untuk aplikasi transaksi maggot di Kecamatan Sepatan Timur telah berhasil dilakukan, namun diperlukan sosialisasi kepada masyarakat terlebih dahulu.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Sepatan Timur, KAMAGGOTA, client-server, REST API, maggot
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Sep 2023 15:38
Last Modified: 22 Sep 2023 16:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26584

Actions (login required)

View Item View Item