Pengembangan Sistem Reporting sebagai Data Engineer pada PT Global Loyalty Indonesia

Aurelio, Clement (2023) Pengembangan Sistem Reporting sebagai Data Engineer pada PT Global Loyalty Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

PT Global Loyalty Indonesia (GLI) merupakan sebuah anak perusahaan dari PT Sumber Alfaria Trijaya (Alfamart) yang bergerak pada bidang CRM atau Customer Relationship Management. Produk GLI adalah Alfagift, yaitu Omni Channel Alfamart. Alfagift memungkinkan pelanggan untuk bertransaksi secara online, membayar dengan QR code, menemukan toko offline Alfamart terdekat, dan menikmati berbagai keuntungan dari program loyalty yang ada. Alfagift digunakan oleh lebih dari 23 juta member dan 20 ribu outlet di seluruh Indonesia. Layanan yang disediakan oleh GLI adalah data solution, merchant partner, customer relationship management, voucher and points exchange, dan digital activation and communication. Dalam menyediakan layanan tersebut, diperlukan Data Engineer untuk mengolah raw data menjadi ready-to-use data. Maka dari itu, perusahaan GLI mencari peserta magang untuk pekerjaan tersebut. GLI menjadi pilihan tempat kerja magang sebab tersedia role yang sesuai dengan materi yang telah dipelajari selama berkuliah, yaitu data science. Kerja magang dilaksanakan selama 96 hari secara hybrid sejak Februari hingga Maret 2023 dan offline sejak April hingga Juni 2023. Posisi yang diduduki dalam menjalani magang pada GLI adalah Data Scientist Intern dengan job desc yang lebih mengarah pada Data Engineer. Pekerjaan yang dilakukan pada dasarnya adalah menyusun SQL query, Python script, dan melakukan pengaturan agar Python script tersebut berjalan secara otomatis. Hasil dari setiap pekerjaan yang dilakukan adalah report. Report tersebut dapat berupa tabel dalam database Google BigQuery atau auto email.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Alfagift, Data Engineer, Data Scientist, Python, SQL 5 Pengembangan Sistem Reporting..., Clement Aurelio, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Sep 2023 20:07
Last Modified: 22 Sep 2023 21:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26655

Actions (login required)

View Item View Item