Rancang bangun aplikasi pengenalan karakter dalam citra digital dengan metode fuzzy logic dan freeman chain code

Tanulia, Yuliana (2015) Rancang bangun aplikasi pengenalan karakter dalam citra digital dengan metode fuzzy logic dan freeman chain code. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (910kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (924kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan metode fuzzy logic dan chain code dalam proses pengenalan karakter dalam citra digital. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi pengenalan karakter dalam citra digital dengan metode fuzzy logic, dan menggunakan algoritma freeman chain code dalam mendapatkan ciri suatu karakter dalam citra digital . Dalam penelitian ini, penentuan ciri didapat dari metode freeman chain code. Freeman chain code merupakan representasi batasan objek dengan menggunakan delapan arah mata angin. Metode fuzzy logic oleh Sugeno digunakan untuk proses pengenalan karakter untuk klasifikasi bentuk karakter. Pengenalan karakter pada rancang bangun ini, didasari dengan konsep logika fuzzy dengan memberikan nilai pada tiap karakter dari 0 sampai 1. Nilai tersebut dikomparasi, untuk didapatkan karakter yang memiliki nilai kemiripan tertinggi. Metode pengujian yang digunakan untuk menguji aplikasi ini adalah pengujian alpha dan beta, sehingga didapatkan bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan baik. Tingkat akurasi pengenalan karakter dalam aplikasi ini adalah 74,56%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Oct 2017 08:44
Last Modified: 08 Aug 2023 06:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2682

Actions (login required)

View Item View Item