Rancang Bangun Program Segmentasi Konsumen di PT Paragon Technology and Innovation

Rakha Dwitya, Nabil (2023) Rancang Bangun Program Segmentasi Konsumen di PT Paragon Technology and Innovation. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Pembeli merupakan entitas paling penting bagi perusahaan-perusahaan yang menjual produk, salah satunya adalah bagi PT Paragon Technology and Innovation ini. PT Paragon Technology and Innovation merupakan perusahaan kosmetik yang membawahi brand-brand ternama, seperti Wardah, Emina, MakeOver, dan Kahf. Penting bagi perusahaan ini untuk mengetahui karakteristik pembeli yang membeli produk-produknya, salah satu caranya adalah melakukan segmentasi konsumen kepada pembeli-pembeli produknya. Segmentasi konsumen ini dilakukan terhadap konsumen yang membeli produk Emina mulai dari tahun 2021 hingga tahun 2023 bulan maret berdasarkan tiga jenis pendekatan analisa RFM, yaitu analisa vanilla RFM, RFM+Lifetime, dan RFM/Lifetime yang kemudian di kelompokkan dengan menggunakan algoritma K-Means. Dengan implementasi segmentasi konsumen ini, perusahaan bisa lebih mengenal perilaku pembeli-pembelinya terhadap produk yang perusahaan jual sehingga proses bisnis ataupun marketing bisa lebih meningkat. Segmentasi konsumen ini telah selesai dibuat dengan hasil bahwa dari tiga jenis pendekatan analisa RFM dalam melakukan segmentasi konsumen, pendekatan RFM+Lifetime menjadi pendekatan yang paling baik dan relevan dengan segmentasi konsumen yang terbagi menjadi empat kategori, yaitu kategori Make Up, Face Care, Others, dan umum dimana kategori Make Up memiliki lima segmen dan masing-masing kategori lainnya memiliki empat segmen.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Algoritma K-Means, Analisa RFM, Analisa RFML, Segmentasi Konsumen
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Sep 2023 12:06
Last Modified: 24 Sep 2023 13:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26898

Actions (login required)

View Item View Item