Rakha Dwitya, Nabil (2023) Rancang Bangun Program Segmentasi Konsumen di PT Paragon Technology and Innovation. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (7MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
||
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (199kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) |
Abstract
Pembeli merupakan entitas paling penting bagi perusahaan-perusahaan yang menjual produk, salah satunya adalah bagi PT Paragon Technology and Innovation ini. PT Paragon Technology and Innovation merupakan perusahaan kosmetik yang membawahi brand-brand ternama, seperti Wardah, Emina, MakeOver, dan Kahf. Penting bagi perusahaan ini untuk mengetahui karakteristik pembeli yang membeli produk-produknya, salah satu caranya adalah melakukan segmentasi konsumen kepada pembeli-pembeli produknya. Segmentasi konsumen ini dilakukan terhadap konsumen yang membeli produk Emina mulai dari tahun 2021 hingga tahun 2023 bulan maret berdasarkan tiga jenis pendekatan analisa RFM, yaitu analisa vanilla RFM, RFM+Lifetime, dan RFM/Lifetime yang kemudian di kelompokkan dengan menggunakan algoritma K-Means. Dengan implementasi segmentasi konsumen ini, perusahaan bisa lebih mengenal perilaku pembeli-pembelinya terhadap produk yang perusahaan jual sehingga proses bisnis ataupun marketing bisa lebih meningkat. Segmentasi konsumen ini telah selesai dibuat dengan hasil bahwa dari tiga jenis pendekatan analisa RFM dalam melakukan segmentasi konsumen, pendekatan RFM+Lifetime menjadi pendekatan yang paling baik dan relevan dengan segmentasi konsumen yang terbagi menjadi empat kategori, yaitu kategori Make Up, Face Care, Others, dan umum dimana kategori Make Up memiliki lima segmen dan masing-masing kategori lainnya memiliki empat segmen.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Algoritma K-Means, Analisa RFM, Analisa RFML, Segmentasi Konsumen |
Subjects: | ?? T58.5-58.64 ?? |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2023 12:06 |
Last Modified: | 24 Sep 2023 13:07 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/26898 |
Actions (login required)
View Item |