Wongso, Maria Asprilla (2017) pemaknaan subjektif pada aktivitas “ootd” media sosial di instagram sebagai pembentukan identitas diri (studi fenomenologi remaja di tangerang). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Fenomena “OOTD” atau yang disebut dengan “Outfit of The Day” sudah populer dikalangan remaja sejak beberapa silam lalu. Munculnya berbagai selebgram serta blogger mengantarkan “OOTD” dalam masa kejayaanya sampai dengan saat ini. Berbagai gaya “OOTD” yang bermunculan saat ini mendorong remaja perempuan untuk melakukan aktivitas “OOTD” di Instagram. Maknamakna yang ingin diciptakan oleh seorang remaja dalam membentuk suatu identitas di Instagram tentu berbeda-beda. Proses pembentukan diri tersebut tentu tidak lepas dari lingkungan mereka berada serta interaksi yang dilakukannya. Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui pemaknaan remaja dewasa pada aktivitas “OOTD” di instagram dan proses pembentukan diri yang berlangsung dalam aktivitas “OOTD” di media sosial Instagram. Metode pada peneltian ini ialah fenomenologi dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari hasil wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa remaja memaknai aktivitas “OOTD” di Instagram berbeda-beda dalam mengungkapkan identitas dirinya. Dari kelima informan tersebut juga terlihat bahwa mereka ingin diakui keberadaanya oleh masyarakat sekitar sehingga dengan menggunakan Instagram mereka berharap dapat dikenal oleh orang sekitarnya. Pemaknaan tersebut dikonstruksikan berdasarkan hasil interaksi yang dilakukan ketika melihat beberapa blogger atau selebgram di Instagram, interaksi yang dilakukan dengan teman yang juga melakukan “OOTD” serta pengalaman dan kejadian yang dialami oleh masingmasing setiap individu.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pemaknaan, Instagram, “OOTD”, Identitas diri, Fenomenologi, Remaja |
Subjects: | 100 Philosophy and Psychology > 120 Epistemology > 126 The self (personal identity, personality, personal branding) 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 03:47 |
Last Modified: | 27 May 2022 07:30 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2717 |
Actions (login required)
View Item |