Yustisia Purwaningtyas, Ratna (2023) Komunikasi Krisis Organisasi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Fanatisme Suporter di Media Sosial Terkait Tragedi Kanjuruhan. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (361kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (767kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (474kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (380kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Krisis dapat merusak reputasi organisasi apabila tidak ditangani dengan komunikasi yang tepat. Opini positif atau negatif fanatisme suporter di media sosial yang menimbulkan krisis organisasi PSSI dalam kasus tragedi Kanjuruhan di Malang yang menelan korban 135 jiwa dan melukai 647 jiwa pada tanggal 1 Oktober 2022. Komunikasi krisis seperti apa yang bisa menawarkan solusi bagi pengelolaan reputasi organisasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penanganan komunikasi krisis organisasi PSSI dalam menghadapi hashtag di media sosial dan bagaimana PSSI mengelola reputasi sepak bola Indonesia. Konsep yang digunakan oleh peneliti adalah Social Mediated Crisis Communication (SMCC) yang dapat menjadi solusi dalam mengatasi krisis yang muncul terkait reputasi organisasi. Peneliti menggunakan study kasus dengan paradigma post positivis . Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif dan analisa kualitatif melalui wawancara mendalam dengan lima narasumber. Hasil penelitian menunjukkan PSSI melakukan pemetaan dengan memperhatikan asal krisis, jenis krisis, infrastruktur, strategi pesan dan bentuk pesan dalam mengganalisa krisis komunikasi di media sosial. Keberhasilan dalam implementasi komunikasi krisis yang dihadapi adalah dengan melakukan komunikasi yang efektif di media sosial dan mengedepankan 5 pilar yaitu kepercayaan, kredibilitas, tanggung jawab, akuntabilitas dan pengelolaan risiko bisnis untuk mengembalikan reputasi organisasi yang baik
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Fanatisme Suporter, Reputasi Organisasi, Social-Mediated Crisis Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 09:29 |
Last Modified: | 22 Dec 2023 07:53 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/27175 |
Actions (login required)
View Item |