Gunawan, OH Juliana (2017) Pengaruh place branding terhadap place image edukatif lawang sewu setelah direnovasi (survei pada penduduk kota semarang). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
13140110380 - Oh Juliana Gunawan - READ ONLY.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan bangunan bersejarah yang menjadi objek penelitian. Bangunan yang terkenal dengan image angker tersebut direnovasi untuk pelestarian bangunan bersejarah serta dialih fungsikan sebagai objek wisata sejarah yang edukatif untuk menghilangkan image angker tersebut. Mengubah image suatu tempat ini dilakukan dengan menerapkan kegiatan place branding. Teori yang digunakan adalah Teori City Branding Hexagon yang terdiri dari Presence, Place, People, Potential, Pulse dan Pre-requisites. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif dan metode survei untuk pengumpulan data. Survei disebarkan kepada 400 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, yaitu Penduduk Kota Semarang yang pernah berkunjung ke Lawang Sewu setelah direnovasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh place branding terhadap place image Lawang Sewu setelah direnovasi sebesar 66,2%, sedangkan 33,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dimensi pre-requisites menjadi dimensi yang memberikan pengaruh paling mantap terhadap variabel place image yaitu sebesar 52,6%.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | place branding, place image, Teori City Branding Hexagon, Lawang Sewu |
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 03:51 |
Last Modified: | 18 Apr 2023 06:30 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/2724 |
Actions (login required)
View Item |