Peran Foto sebagai Penarik Perhatian Pembaca di “Harian Warta Kota”

Sandika, Stefani (2019) Peran Foto sebagai Penarik Perhatian Pembaca di “Harian Warta Kota”. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (915kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Pengalaman praktik kerja magang yang dilaksanakan selama tujuh puluh tujuh hari kerja, di Harian Warta Kota sebagai fotografer metropolitan. Sebagai fotografer metropolitan, tugas peliputan sehari-hari cukup menantang penulis untuk bisa peka terhadap lingkungan sekitar. Dengan kepekaan tersebut, penulis bisa mendapatkan dan membuat suatu berita. Dalam praktik kerja peliputan, penulis mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan yang sangat berharga, karena penulis dapat mengetahui bagaimana melakukan penulisan dalam praktik terjun langsung kerja. Penulis memberikan kontribusi pembuatan tulisan berita sebanyak tujuh belas tulisan penulis yang dipaparkan dalam Harian Warta Kota. Penulis berkesempatan melakukan peliputan, seperti : peliputan metropolitan, politik, dan hiburan. Selama lakukan praktik kerja magang, penulis dibimbing oleh Alex Suban dan Cahyo Nurdin selaku Redaktur Foto yang menjadi koordinasi liputan. Penulis mulai melakukan peliputan setiap hari Senin hingga Minggu, dimana setiap hari Senin hingga Jumat, penulis dibimbing oleh Alex Suban dan pada hari Sabtu dan Minggu, penulis dibimbing oleh Cahyo Nurdin. Setiap hari penulis diwajibkan untuk membuat dua sampai tiga liputan, dengan mengirimkan minimal tiga foto dari berbagai angle, setiap berita tersebut. Setelah hasil peliputan diedit oleh penulis, hasil liputan tersebut kemudian dikirimkan ke email redaksi dengan batas pengirimannya atau deadlinenya pukul 17.00 WIB. Tujuan dari deadline tersebut adalah dimana setiap hari para redaktur akan mengadakan rapat harian jam 17.00 WIB untuk mendiskusikan topik dan berita yang sedang menjadi headline esok hari. Dalam praktik magang, penulis mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan yang didapat, mengenai penulisan berita, selain mendapatkan pengalaman penulis juga mendapat relasi antar media untuk saling membantu dalam mencari informasi.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: jurnalistik, news writing, media cetak, praktik jurnalistik, Harian Warta Kota
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing > 070 News, mass media, journalism, and publishing
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:41
Last Modified: 21 Dec 2023 01:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/27421

Actions (login required)

View Item View Item