Strategi corporate social responsibility dalam membentuk reputasi perusahaan (studi kasus csr smile for smile sour Sslly periode Desember 2015 – April 2016)

Pangelah, Jessica (2016) Strategi corporate social responsibility dalam membentuk reputasi perusahaan (studi kasus csr smile for smile sour Sslly periode Desember 2015 – April 2016). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (901kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (793kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam membentuk reputasi Sour Sally. Program CSR yang dijalankan oleh Sour Sally mengangkat isu kesehatan, yaitu membantu kesembuhan anak-anak kanker yang berada di bawah naungan Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) dengan cara pemberian donasi dan meningkatkan awareness publik mengenai keberadaan anak-anak kanker yang ada di Indonesia, serta penyakit kanker itu sendiri. Program CSR Smile for Smile ini dijalankan karena berkorelasi dengan produk yang ditawarkan oleh Sour Sally, yaitu yogurt Black Sakura yang bermanfaat untuk kesehatan, khususnya dalam mencegah pertumbuhan zat kanker di dalam tubuh. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi CSR pada program Smile for Smile dalam meningkatkan reputasi perusahaan. Fokus penelitian didasarkan pada CSR Process Model yang dikemukakan oleh Coombs dan Holladay. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, dengan paradigma post-positivistik menggunakan metode studi kasus. Data-data diperoleh melaui proses wawancara mendalam, observasi, materi audio-visual, dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan triangulasi data sumber untuk mengidentifikasi keabsahan data dan hasil penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan beberapa konsep yang menjadi landasan teori untuk dikaitkan dengan hasil penelitian yang diperoleh, beberapa konsep tersebut adalah Public Relations, Corporate Communication, strategi dan implementasi program Corporate Social Responsibility, pemetaan Stakeholder, serta pembentukan reputasi. Berdasarkan hasil penelitian, strategi CSR Process Model dalam CSR Smile for Smile belum dilakukan dengan maksimal, yaitu pada tahap scanning dan monitoring, dan evaluation and feedback. Program CSR dinilai mampu membentuk reputasi perusahaan jika dilihat dari tiga dimensi reputasi, yaitu emotional appeal, product dan services, dan social responsibility, kemudian juga dilihat dari faktor publikasi media, respon positif pelanggan, dan terjalinnya hubungan baik dengan pelanggan. Namun, CSR ini memiliki kekurangan karena tidak melakukan evaluasi berdasarkan data pasti untuk mengukur keberhasilan program CSR dalam membentuk reputasi perusahaan di mata stakeholders-nya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 610 Medicine and Health > 614 Forensic Medicine; Incidence of Injuries, Wounds, Disease; Public Preventive Medicine
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.4 Executive Management > 654.408 Social Responsibility Management, CSR
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.84 Marketing Distribution
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Jul 2017 02:17
Last Modified: 06 Apr 2023 03:25
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item