Representasi Penggunaan Influencer pada Iklan Tokopedia: Tokopedia Squad

Benjamin, Johanes (2023) Representasi Penggunaan Influencer pada Iklan Tokopedia: Tokopedia Squad. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (799kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (319kB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (959kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (421kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (345kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (522kB)

Abstract

Iklan yang diunggah oleh Tokopedia berjudul Tokopedia Squad menggambarkan beberapa influencer yang menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia untuk mendapat produk-produk dan layanan yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Terdapat 11 Influencer yang digunakan dalam iklan tersebut. Namun, dalam penelitian ini peneliti menganalisis 5 influencer yang ada dalam iklan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini merupakan untuk mengetahui representasi penggunaan influencer tersebut dalam iklan Tokopedia Squad. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk menjelaskan bagaimana influencer-influencer tersebut memiliki makna dan tujuannya masing masing dalam iklan ini. Penelitian ini juga menggunakan teori representasi dengan teknik analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce dengan sign, object, dan interpretant. Dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa kelima influencer tersebut menggambarkan kategori-kategori serta fitur yang dimiliki oleh Tokopedia dengan tujuan menarik awareness dari masing-masing pasar yang dimiliki oleh para Influencer tersebut, selain itu dalam iklan ini Tokopedia ingin memberikan pesan kepada pada penggunannya bahwa Tokopedia memberikan solusi untuk kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat melalui para influencer yang digunakan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Influencer, Semiotika Charles Sanders Peirce, Iklan
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 29 Feb 2024 08:21
Last Modified: 29 Feb 2024 08:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28043

Actions (login required)

View Item View Item