Benjamin, Johanes (2023) Representasi Penggunaan Influencer pada Iklan Tokopedia: Tokopedia Squad. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Iklan yang diunggah oleh Tokopedia berjudul Tokopedia Squad menggambarkan beberapa influencer yang menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia untuk mendapat produk-produk dan layanan yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Terdapat 11 Influencer yang digunakan dalam iklan tersebut. Namun, dalam penelitian ini peneliti menganalisis 5 influencer yang ada dalam iklan tersebut. Tujuan dalam penelitian ini merupakan untuk mengetahui representasi penggunaan influencer tersebut dalam iklan Tokopedia Squad. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk menjelaskan bagaimana influencer-influencer tersebut memiliki makna dan tujuannya masing masing dalam iklan ini. Penelitian ini juga menggunakan teori representasi dengan teknik analisis semiotika dari Charles Sanders Peirce dengan sign, object, dan interpretant. Dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa kelima influencer tersebut menggambarkan kategori-kategori serta fitur yang dimiliki oleh Tokopedia dengan tujuan menarik awareness dari masing-masing pasar yang dimiliki oleh para Influencer tersebut, selain itu dalam iklan ini Tokopedia ingin memberikan pesan kepada pada penggunannya bahwa Tokopedia memberikan solusi untuk kehidupan yang lebih baik kepada masyarakat melalui para influencer yang digunakan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Influencer, Semiotika Charles Sanders Peirce, Iklan |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 08:21 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 08:21 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28043 |
Actions (login required)
View Item |