Tratama, Margareth Alvira (2022) Manajemen Krisis Jakarta Aquarium & Safari pada Kasus "Unpaid Interns" di Media Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (247kB) |
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (414kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (672kB) |
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (357kB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (566kB) |
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (246kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (559kB) |
Abstract
Krisis dapat terjadi kapanpun pada perusahaan, besar atau kecil, terdeteksi atau tidak terdeteksi. Unggahan Instagram Story dari salah satu karyawan Jakarta Aquarium & Safari mengenai magang dibayar dengan kesehatan mental menyebabkan Jakarta Aquarium & Safari menjadi viral di media sosial dan menuai komentar buruk dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen krisis Jakarta Aquarium & Safari dalam kasus “Unpaid Interns”. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivis sebagai dasar pemikiran penelitian, di mana jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualtiatif bersifat deskriptif. Selain itu, metode penelitian yang dapat ditemukan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap tiga orang partisipan dan satu orang informan ahli. Berdasarkan penelitian ini, komunikasi krisis Jakarta Aquarium & Safari mengacu pada tahapan 4 stages of crisis management oleh Steven Fink yakni Prodromal Stage dengan merespon secara cepat saat krisis terdeteksi, Acute Stage dengan menentukan strategi paling tepat dalam meredam krisis, Chronic Stage dengan menjadikan krisis sebagai pembelajaran dan Resolution Stage dengan citra perusahaan sudah kembali normal. Hasil dari penelitian ini dianalisis dari Image Repair Theory oleh William L. Benoit adalah Jakarta Aquarium & Safari menggunakan strategi simple denial dan shifting the blame. Dari respon krisis yang telah dilakukan, peneliti menyimpulan bahwa Jakarta Aquarium & Safari memilih langkah yang efektif karena krisis cepat meredam, meskipun peneliti menemukan beberapa kekurangan yakni tidak adanya protokol tertulis untuk krisis yang terjadi secara mendadak. Saran praktis bagi perusahaan berdasarkan penelitian ini adalah perusahaan diharapkan memiliki protokol resmi mengenai respon pertama saat krisis terjadi sehingga langkah bisa diambil dengan lebih cepat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | 4 stages of crisis, Image Repair Theory, Jakarta Aquarium & Safari, Kualitatif, Manajemen Krisis |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 03:23 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 03:29 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28060 |
Actions (login required)
View Item |