Analisis Program Komunikasi Internal dalam Mempertahankan Loyalitas Karyawan Pempek Mamad Jambi

Permatasari, Dewi (2022) Analisis Program Komunikasi Internal dalam Mempertahankan Loyalitas Karyawan Pempek Mamad Jambi. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (425kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (195kB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (248kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (326kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (220kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (708kB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (878kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tingkat loyalitas karyawan yang masih tergolong rendah di Indonesia sebagai dampak dari kurangnya komunikasi yang terjalin di kalangan internal perusahaan. Padahal, salah satu aspek yang penting bagi perusahaan adalah karyawan dan berdasarkan survei dari Sales Force tahun 2017, komunikasi internal yang baik membuat karyawan 4,6 kali lebih produkktif dan bersemangat dalam bekerja (Siegel, 2017). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja dan bagaimana penerapan program komunikasi internal dalam mempertahankan loyalitas karyawan di Pempek Mamad Jambi. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori human relations, komunikasi internal, dan loyalitas karyawan. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ini adalah metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dengan 5 narasumber yang ikut terlibat dalam penerapan program komunikasi internal dalam Pempek Mamad Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pempek Mamad Jambi melaksanakan penerapan program komunikasi internal, seperti briefing pagi, pemberian training kepada karyawan baru, pemanfaatan Whatsapp grup agar informasi yang diterima merata, outing bersama yang bertujuan untuk mempererat hubungan kerja antara sesama rekan kerja dan atasan, serta penyediaan komunikasi personal, seperti konseling bagi karyawan yang sedang menghadapi masalah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan dari program komunikasi internal di Pempek Mamad Jambi dinilai dapat memberikan kontribusi dalam mempertahankan loyalitas dari karyawan. Hal ini didapatkan dari hasil wawancara mendalam bersama pihak manajerial Pempek Mamad Jambi yang menyatakan bahwa program komunikasi internal yang diterapkan oleh pihak manajerial mampu mempertahankan perilaku tanggung jawab, dedikasi, kepatuhan, dan kejujuran dari karyawan di Pempek Mamad Jambi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: komunikasi internal, loyalitas, Pempek Mamad Jambi
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Mar 2024 03:30
Last Modified: 19 Mar 2024 04:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28063

Actions (login required)

View Item View Item