Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Metode Gamifikasi Berbasis Android

Holianti, Leonagata (2022) Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Metode Gamifikasi Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (351kB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (430kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (861kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (344kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut memiliki peranan yang besar dalam kehidupan manu- sia, terutama dalam proses pencernaan makanan. Permasalaban keschatan gigi dan mulut merupakan masalah yang krusial bagi selurh lapisan masyarakat In- donesia. Tingkat kesadaran kelon mpok usia dewas sa dan anak - anak terhadap kese- hatan gigi dan mulut masih tergolong rendab. Penggunaan gamifikasi dalam proses pembelajaran memberikan alternatif untuk membuat proses belajar lebih menarik, menyenangkan, dan efektif. Elemen - elemen pada gamifikasi Octalysis berhasil meningkatkan minat, motvasi, pemahaman materi, dan dapat menjadi media pen- belajaran alternatif yang baik. Oleh karena itu, dibuatlah aplikasi pembelajaran keschatan gigi dan mulut dengan metode gami fikasi menggunakan framework Oc- talysis. Aplikasi ini sudah di evaluasi me menggunakan Behavioral Intention to Use dan Immersion dari penggunaan aplikasi menggunakan Hedonic-Motivation Sys- tem Adoption Model olch 37 masyarakat yang berperan scbagai responden dan mendapatkan hasil sebesar 77.3% yang menyatakan sctuju bahwa aplikasi dapat meningkatkan penggunaan kembali (Behavioral intention to use) di masa yang akan datang dan 68.6% yang menyatakan setuju bahwa apkikasi dapat meningkatkan perasaan pengguna untuk terbawa suasana (Immersion) dalam aplikasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Android, Gamifikasi, Hedonic-Motivation System Adoption Model, Octalysis. Pembelajaran tentang kesehatan Gigi dan Mulut
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.5 Application / Software
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Mar 2024 07:16
Last Modified: 21 Mar 2024 07:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28099

Actions (login required)

View Item View Item