Haryanto, Johanes Anthonius (2016) Strategi marketing public relations melalui brand activation untuk memperkuat brand image: studi kasus kampanye gerakan nasional sarapan sehat sebelum jam 9 energen. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Sarapan merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Ditemukannya fakta tujuh dari sepuluh anak Indonesia kekurangan gizi sarapan membuat beberapa perusahaan melakukan gerakan dengan pendekatan mengenai pentingnya sarapan di pagi hari, salah satunya adalah PT Mayora Indah Tbk. dengan brand Energennya yang mengadakan “Gerakan Nasional Sarapan Sehat Sebelum Jam 9”. Skripsi ini disusun untuk membahas strategi yang digunakan Energen dalam menjalankan gerakan tersebut serta untuk mengetahui bagaimana proses brand activation yang juga terdapat di dalam gerakan tersebut. Penelitian berjudul “Strategi Marketing Public Relations Melalui Brand Activation untuk Memperkuat Brand Image” ini dikaji menggunakan Whalen’s 7 Step Strategic Planning Process oleh Thomas L. Harris dan Patricia T. Whalen. Penelitian ini berjenis kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan wawancara mendalam dan tinjauan pustaka. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles & Huberman dan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa selain untuk mengajak masyarakat untuk membiasakan sarapan sehat, dari segi pemasaran gerakan ini juga diadakan untuk memperoleh empati masyarakat dan meningkatkan brand image atau persepsi masyarakat akan produk Energen. Untuk itu Energen mengadakan kampanye sebagai bentuk kepeduliannya mengenai masalah sarapan dengan fokusnya pada event sebagai pendekatan brand activation, yang bertujuan untuk memberikan partisipannya pengalaman dan pengetahuan seputar produk. Gerakan mencakup kampanye dan event itu sendiri diadakan menggunakan strategi marketing public relations, dimulai dari analisis situasi, penentuan tujuan, sasaran, pesan yang akan disampaikan. Aktivitas dalam kampanye ini meliputi kunjungan-kunjungan ke daerah yang bersifat mengajak, edukasi di sekolahsekolah, dan event yang diadakan di beberapa kota secara serentak sebagai acara puncaknya. Media promosi yang digunakan, khususnya untuk event adalah melalui iklan televisi dan radio, flyer, dan juga website. Meskipun eventnya sendiri dapat dikatakan sukses karena berjalan meriah dengan partisipan yang mencapai target dan persepsi image Energen yang mengalami peningkatan, tetapi evaluasi untuk mengetahui efektivitas kampanye itu sendiri secara keseluruhan belum dilakukan secara terperinci.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Jul 2017 02:21 |
Last Modified: | 09 Dec 2022 00:56 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/281 |
Actions (login required)
View Item |