Putri Nurilmi, Isti (2023) Analisis Desain Skin Karakter Bertema Mitologi Asia dalam Game Overwatch 2. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (896kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (470kB) |
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (324kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (496kB) |
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (319kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Overwatch 2 merupakan sebuah first-person shooter game yang menitikberatkan gameplay ke arah kerja sama tim. Baru-baru ini, Overwatch 2 merilis season pass terbaru tepatnya pada tanggal 07 Februari 2023, bersamaan dengan skin baru bertema Asian Mythology. Skin bertema mitologi Asia tersebut memperoleh berbagai komentar dari para pemain terkait representasi mitologi dan stereotipe yang timbul terhadap negaranya. Oleh karena itu, penulis melakukan analisis visual skin karakter dan kaitan cerita karakter game dan karakter mitologi dari budaya yang diangkat. Penelitian dilaksanakan dengan metode hybrid untuk mendapatkan pendapat terkait penerapan budaya dalam karakter game, kemudian dilanjutkan dengan analisis semiotika strukturalis milik Roland Barthes dan analisis kaitan story karakter berdasarkan story karakter dari Creative Character Design oleh Bryan Tillman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan keypoints dalam sebuah desain karakter membuat proses identifikasi mitologi yang diangkat semakin mudah. Keseluruhan desain skin karakter tema mitologi Asia menggunakan teori tersebut, serta berhasil menerapkan sifat dan penampilan karakter mitologi ke dalam visual skin karakter. Tidak hanya penerapan cerita mitologi ke penampilan karakter, Overwatch 2 turut memperkuat cerita karakter game melalui kemiripan cerita dari karakter mitologi yang diangkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | desain karakter, overwatch 2, representasi, mitologi asia |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration 700 Arts and Recreation > 790 Outline of Sports, Games and Entertainment > 796 Athletic (Gymnastics, Weight Lifting) and Outdoor Sports and Games |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 05 Mar 2024 06:52 |
Last Modified: | 05 Mar 2024 07:05 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28137 |
Actions (login required)
View Item |