Perancangan Brand Destination Kawasan Kampung Batik Trusmi Cirebon

Lovina, Audrey (2023) Perancangan Brand Destination Kawasan Kampung Batik Trusmi Cirebon. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (15MB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (34MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (24MB)

Abstract

Budaya Cirebon lahir dari proses asimilasi budaya dan pengarub penyebaran agama Islam. Salah satu kawasan yang dibentuk oleh sultan tersebut adalah Desa Trusmi yang kini menjadi Kampung Batik Trusmi dan dikenal sebagai pusat penghasil batik sejak abad ke-14. Sebagai kawasan wisata belanja, eksistensi Kampung Batik Trusmi tidak lepas dari peran leluhur yang mengajarkan budaya membatik dan diturunkan kepada masyarakat lokal. Dari segi ekonom;, saat ini kawasan Kampung Batik Trusmi tidak hanya terdiri atas pelaku usaba batik, tetapi juga memiliki deretan toko kelontong, pedagang, dan kuliner. Masya farakat Trusmi tetap melestarikan adat dan budaya untuk menghom mati leluhur seperti upacara, sanggar membatik, dan festival tahunan yang dapat dikuti wisatawan. Dengan potensi tersebut, pemerintah Kabupaten Cirebon merencanakan penataan kawasan layaknya Malioboro. Namun, riset yang penulis lakukan terhadap masyarakat di Jabodetabek dan Kota Cirebon menunjukkan bahwa sebesar54% menganggap kawasan Kampung Batik Trusmi sebatas pusat belanja batik. Hal tersebut menunjukkan keterbatasan persepsi masyarakat akan nilai histori, budaya, relig, dan edukasi yang dimiliki Keterbatasan tersebut juga mempengaruhi minat generasi muda Trusmi untuk membatik. Oleh karena itu, konsep destination branding digunakan imtuk membangun image kawasan Kampung Batik Trusmi sehingga memiliki identitas dan kebudayaan yang kuat serta selaras dengan rencana pengembangan kawasan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Destination Branding, Kampung Batik Trusmi Cirebon, Warisan Budaya
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 640 Home and Family Management > 646 Sewing, Clothing, Dressmakers, Tailor, Accessories, Grooming
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:06
Last Modified: 06 Mar 2024 01:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28150

Actions (login required)

View Item View Item