Arfiliando, Ridho (2023) Perancangan Transit Hub dan Relokasi Pedagang di Kawasan Stasiun Kebayoran dengan Orientasi Kenyamanan Pedestrian dan Aktivitas Berdagang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (663kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (287kB) |
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (877kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (755kB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (267kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Jalan Kebayoran Lama merupakan salah satu jalan yang strategis pada kota Jakarta Selatan karena dekat dengan banyak landmark dan fasilitas transportasi seperti Stasiun Kebayoran. Keaktifan pada Jalan Kebayoran Lama didukung oleh aktifnya fungsi kawasan yaitu hunian warga, aktivitas ekonomi (berdagang), dan sirkulasi kendaraan & pedestrian dengan aktivitas pasar sebagai aktivitas terpadat. Street market merupakan salah satu bentuk pasar dimana pasar berupa pedagang pedagang kaki lima (PKL) yang berdagang di jalanan. Terdapat hubungan spasial antara pedagang pasar dengan kegiatannya berdagang pada area trotoar yang tercipta atas adanya penggabungan dari sektor formal dan informal. Keberadaan aktivitas pasar yang padat memiliki dampak terhadap kondisi pedestrian pada Jalan Kebayoran Lama. Aktivitas pasar mengambil jalur pedestrian dan meningkatkan kepadatan kendaraan bermotor maupun pedestrian. Kondisi tersebut merugikan baik bagi aktivitas pedestrian maupun aktivitas berdagang. Hal ini membuat penulis tertarik untuk merancang fungsi bangunan untuk menyelesaikan masalah ini. Peneliti melakukan observasi secara langsung untuk mendapatkan data dan memahami perasaan yang diberikan ketika berjalan kaki di pedestrian pada Jalan Kebayoran Lama. Penulis melakukan analisis data secara kualitatif dengan memperhatikan 19 sub-aspek penentu kenyamanan pedestrian dan aktivitas berdagang dalam mendesain rancangan. Pada akhir penelitian, penulis menyimpulkan hasil rancangan telah memenuhi semua acuan aspek kenyamanan. Penulis berharap dengan adanya rancangan ini bisa menjadi ide atau masukan bagi pengelola Jalan Kebayoran Lama dalam menjaga kenyamanan pengguna jalan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Jl. Kebayoran Lama, jalur pedestrian, kenyamanan, pasar, relokasi. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 388 Transportation (Road, Vehicle, Parking Facilities) |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Architecture |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 06:47 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 08:32 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28157 |
Actions (login required)
View Item |