Enjelina, Elen (2023) Self-disclosure di Media Sosial (Studi Fenomenologi pada Fujoshi di Instagram). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (622kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (243kB) |
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (656kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (731kB) |
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (247kB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (416kB) |
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (230kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (791kB) |
Abstract
Media sosial merupakan salah satu bentuk layanan dari internet yang tidak memiliki pembatas dan kontrol, sehingga penyebaran konten akan berjalan dengan sangat cepat, mudah diakses, dan sesama pengguna dapat berinteraksi secara langsung. Seperti fenomena-fenomena yang terjadi di luar sana yang dipopulerkan dan kemudian diterima oleh suatu ruang lingkup. Salah satu fenomena yang saat ini sedang ramai terjadi adalah fenomena LGBT, khususnya homoseksual. Dengan adanya fenomena ini, munculah fujoshi yang digunakan untuk menyebut seseorang yang menyukai interaksi hubungan sesama jenis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana fujoshi melakukan menajamen privasi di Instagram. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah Communication Privacy Management, Orientasi Seksual, Media dan Genre, dan Media Sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada bagian Privacy Ownership terdapat dua kriteria yang menjadi alasan mereka membuka infromasi, yaitu motivational criteria dan cultural criteria. Pada Privacy Control cara yang sering dilakukan adalah dengan memilih siapa yang dapat mengakses second accountnya serta pemilihan konten yang pantas untuk diunggah pada story umum dan close friend. Lalu pada Privacy Turbulence ditemukan bahwa kebocoran informasi terjadi karena co-owner yang membocorkan secara tidak sengaja. Dalam mengelola turbulence, fujoshi akan melakukan filter ulang terhadap followersnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Manajemen Privasi Komunikasi, Fujoshi, Y Series, Media Sosial, Instagram |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 07:09 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 07:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28170 |
Actions (login required)
View Item |