Pengaruh Utilitarian Benefits, Hedonic Benefits, Augmentation Quality, Attitude toward the AR-App dan Inspiration terhadap Changes in Brand Attitude IKEA melalui Aplikasi AR IKEA Place

Karunacantika Heriyanto, Shania (2023) Pengaruh Utilitarian Benefits, Hedonic Benefits, Augmentation Quality, Attitude toward the AR-App dan Inspiration terhadap Changes in Brand Attitude IKEA melalui Aplikasi AR IKEA Place. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (626kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (235kB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (304kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (365kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (438kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (684kB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menjanjikan dan berkembang pesat dalam riset dan praktik pemasaran. Namun masih sedikit sekali penelitian yang memberikan penjelasan tentang AR mengenai persepsi dan evaluasi konsumen terhadap merek terkait. Padahal AR bertujuan untuk membantu perusahaan dalam meningkatkan pengalaman berbelanja konsumen dengan membawa informasi virtual ke dalam lingkungan nyata. Perusahaan furniture IKEA hadir dengan aplikasi AR bernama IKEA Place yang dapat memvisualiasiskan furniture secara real time. Penelitian ini secara empiris menyajikan hasil uji data terkait pandangan konsumen dan evaluasi manfaat dalam meningkatkan kualitas aplikasi AR dan bagaimana hal ini mendorong adanya perubahan sikap konsumen terhadap brand IKEA melalui aplikasi AR IKEA Place. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis likert scale 1 – 5 yang mengumpulkan data dari 168 responden yang kemudian diolah dengan menggunakan SmartPLS 3. Penelitian ini menguji 6 variabel yaitu utilitarian benefits, hedonic benefits, augmentation quality, attitude toward the AR-App, inspiration & changes in brand attitude. Temuan dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dari variabel utilitarian benefits terhadap attitude toward the AR-App, augmentation quality terhadap attitude toward the AR-App, dilanjut dengan utilitarian benefits, hedonic benefits, augmentation quality terhadap inspiration, serta attitude toward the AR-App dan inspiration terhadap changes in brand attitude. Penelitian ini juga menunjukkan adanya temuan terkait pengaruh yang tidak positif dari variabel hedonic benefits.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: utilitarian benefits, hedonic benefits, augmentation quality, attitude toward the AR-App, inspiration, changes in brand attitude.
Subjects: 300 Social Sciences > 380 Commerce, communications and transportation > 381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.8 Mall, Shopping Center, E-Commerce > 658.87 Retail Channel > 658.872 Brand, Branding
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:16
Last Modified: 07 Mar 2024 07:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28171

Actions (login required)

View Item View Item