Chilwin Kuswanto, Melvin (2023) Pengaruh Penggunaan Instagram terhadap Fear of Missing Out pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (7MB) |
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (491kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Dewasa ini, masyarakat banyak memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan berbagai kegiatan baik itu komunikasi, melihat berita, beriklan dan berbagi informasi. Media sosial yang hampir memenuhi kategori dari media sosial adalah Instagram. Aplikasi yang kaya akan fitur ini digemari oleh banyak orang di Indonesia yang didominasi oleh pengguna dalam rentang umur remaja, 18-24 tahun. Sehingga, tak sedikit yang akhirnya menjadi menggunakan Instagram dengan fiturnya yang sangat banyak. Kecanduan ini akhirnya menimbulkan suatu fenomena, yaitu fear of missing out (FoMO). FoMO merupakan perasaan tidak ingin tertinggal pada momen-momen yang sedang tren, viral, dan seru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh antara penggunaan media Instagram terhadap fear of missing out pada mabasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatif dengan teknik survei dengan membagikan kuesioner kepada 100 responden yang berlandaskan pada penentuan sampel rumus Slovin dengan teknik kuota sampling pada responden yang merupakan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara angkatan 2019-2021. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa penggunaan media sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku FoMO sebagai bentuk adiksi pada mahasiswa IImu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara sebesar 35,6%. Penelitian ini juga mengungkapkan media sosial yang digemari oleh mahasiswa diantaranya WhatsApp, Tik Tok, LINE, dan Twitter.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Fear of Missing Out, Instagram, Mahasiswa |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 07:53 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 08:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28174 |
Actions (login required)
View Item |