Kevin Dwi Rustiriyanto, Johannes (2023) Hambatan Komunikasi Interpersonal Atasan dengan Karyawan Disabilitas Rungu (Studi Kasus di Toko Alfamidi Cabang Bitung). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN_AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (492kB) |
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (143kB) |
|
Text
BAB_I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (283kB) |
|
Text
BAB_II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (725kB) |
|
Text
BAB_III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (304kB) |
|
Text
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (491kB) |
|
Text
BAB_V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (287kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Data Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) tahun 2020 memperkirakan terdapat sekitar 27.300.000 orang dengan disabilitas tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Data ini juga memisahkan antara disabilitas rungu, disabilitas wicara, dan disabilitas rungu wicara yang bila diakumulasikan menjadi berjumlah 16.500.000 orang (Sekar, 2023). Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui hambatan yang terjadi antara atasan dan karyawan disabilitas rungu selama melakukan briefing serta bagaimana cara mengatasi hambatan yang terjadi. Penelitian ini menggunakan konsep komunikasi interpersonal dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penghambat antara atasan dan karyawan disabilitas disebabkan oleh empat tipe hambatan dalam komunikasi, yaitu hambatan fisik, hambatan fisiologis, hambatan psikologis, dan hambatan semantik yang menyebabkan karyawan disabilitas rungu kurang menangkap informasi yang diberikan oleh atasan sedangkan faktor pendukungnya adalah dengan menggunakan media Whatsapp dalam penyampaian informasi dan pendekatan secara interpersonal yang dilakukan atasan kepada karyawan disabilitas rungu. Lalu, strategi komunikasi interpersonal Alfamidi Cabang Bitung untuk melaksanakan pengajaran kepada karyawan disabilitas fisik dilakukan dengan memperhatikan empat aspek, yaitu keterbukaan (openness), empati (empathy), sikap mendukung (supportiveness), sikap kesetaraan (equality) yang ditujukan agar karyawan disabilitas fisik merasa nyaman dengan atasan dan lingkungan kerjanya. Untuk mendorong kolaborasi antara karyawan disabilitas rungu dan Karyawan normal Alfamidi Cabang Bitung menggunakan pendekatan interaksi simbolik.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Alfamidi, Disabilitas, Hambatan Komunikasi, Tunarungu |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.224 Verbal Communication 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 02:37 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 02:43 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28201 |
Actions (login required)
View Item |