Upaya Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dalam Memperkenalkan Kekayaan Intelektual ke Pelajar (Studi Kasus: DJKI Mengajar)

Agung Surya Nugraha Ronie, Robbi (2023) Upaya Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual dalam Memperkenalkan Kekayaan Intelektual ke Pelajar (Studi Kasus: DJKI Mengajar). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN_AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (168kB)
[img] Text
BAB_I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (456kB)
[img] Text
BAB_II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (557kB)
[img] Text
BAB_III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (311kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (166kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Plagiarisme merupakan tindakan kejahatan kekayaan intelektual (KI) yang terjadi dikalangan pelajar. Hal ini terjadi lantaran ketidaktahuan akan pentingnya KI. Penelitian ini membahas mengenai upaya dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) dalam memperkenalkan KI ke pelajar dengan tujuan mencegah plagiarisme dan pemalsuan karya serta menggunakan barang palsu. Penelitian ini metode penelitian studi kasus dan pendekatan kualitatif deskriptif dan mengumpulkan data melalui wawancara. Lalu, penelitian ini menggunakan konsep 4 tahap management PR. Hasil penelitian menunjukkan strategi PR DJKI dalam memperkenalkan KI ke pelajar bersama dengan guru KI (RuKl) dan juga melibatkan Yasonna H. Laoly selaku Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk secara langsung mengajar para siswa tingkat SD dan SMP yang dipusatkan di SD Negri Percontohan PAM di Makassar dan secara hybrid dibeberapa sekolah terpilih di 33 provinsi lainnya. Selain untuk menekankan pentingnya moral right pada anak-anak agar bisa menghargai karya orang lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kekayaan Intelektual, Plagiasi, Plagiarisme, DJKI, DJKI Mengajar, Pelajar
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance
300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance > 336.2 Taxes and Taxation
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 13 Mar 2024 06:11
Last Modified: 13 Mar 2024 06:18
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/28214

Actions (login required)

View Item View Item