Aktivitas Online Public Relations di Sociabuzz

Putri, Nadia Sumana (2017) Aktivitas Online Public Relations di Sociabuzz. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (934kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (967kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (998kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (840kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Keberadaan perkembangan teknologi komunikasi di era digital tentunya merubah gaya hidup konsumen sehingga perusahaan memerlukan kanal komunikasi online untuk menjangkau stakeholders. Salah satu cara yang kini digunakan perusahaan adalah memanfaatkan media sosial untuk berkomunikasi dengan konsumen. Melihat adanya peluang bisnis tersebut, SociaBuzz sebagai agency digital menciptakan platform online sebagai kanal komunikasi antara pengiklan dengan influencers di dunia maya. Keberadaan influencers atau orang-orang yang dapat menggerakkan netizen di media sosial terbukti lebih efektif untuk meningkatkan awareness brand hingga mencapai tahap interest pada tahapan marketing funnel. Sebagai pioneer digital agency yang memanfaatkan peran influencers, SociaBuzz telah meraih juara pertama lomba inkubator bisnis yang diadakan Indosat Ooredo. Oleh karena itu, penulis memilih SociaBuzz untuk melakuan praktik kerja magang agar dapat mempelajari pelaksanaan online public relations, media relations, dan media monitoring pada PR campaign yang dilakukan di media sosial. Selama praktik magang berlangsung, penulis ditempatkan sebagai social media officer yang berkoordinasi langsung dengan divisi campaign & marketing. Pekerjaan utama yang dilakukan penulis adalah media relations, social media monitoring, influencers relations, research customer insight, dan memilah influencers berkualitas yang dapat bergabung dengan SociaBuzz. Walaupun ada kendala dalam proses kerja sama dalam tim dan keterbatasan database media yang dimiliki perusahaan, penulis berhasil menyelesaikan 5 bulan praktik kerja magang di SociaBuzz. Pada akhirnya penulis mendapat pengalaman dan pembelajaran untuk melakukan media relation dari pembuatan hingga pengiriman press release ke target media, mengelola hubungan yang baik dengan influencers sebagai aset perusahaan, dan menangani perencanaan sampai dengan eksekusi campaign klien di media sosial.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: online public relations, social media, media relations, influencers
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 18 Apr 2024 03:34
Last Modified: 18 Apr 2024 03:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/29891

Actions (login required)

View Item View Item