Cynthia, Maria (2017) Perancangan visual kampanye sosial menghadapi hate speech dalam bermedia sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Abstract
Pengguna media sosial di Indonesia mencapai lebih dari 79 juta orang. Semakin banyak jumlahnya berarti semakin besar potensi permasalahan yang timbul. Salah satunya adalah hate speech atau ujaran kebencian. Kasus akibat hate speech di media sosial yang berujung pada konflik sosial semakin marak sejak tahun 2014. Namun sebagian besar netizen masih cuek atau langsung sebal dan emosi. Masih sedikit yang mau tergabung aktif dalam gerakan perdamaian memerangi ujaran kebencian. Hate speech tidak dapat dibiarkan saja karena jika tidak diredam, efeknya akan menjamur dan menginfeksi tabiat netizen lain. Oleh sebab itu dibutuhkan gerakan perubahan perilaku oleh kaum muda di media sosial agar tidak menghasilkan hate speech maupun dapat menanggapi hate speech dengan bijak dengan ‘kalem’ sebagai kuncinya. Kata kunci: media sosial, ujaran kebencian, kampanye sosial. Perancangan Visual...,
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Apr 2018 02:44 |
Last Modified: | 05 May 2023 00:24 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/3002 |
Actions (login required)
View Item |