Fungsi Komunikasi Internal dalam Pemenuhan Informasi Karyawan PT 3M Indonesia

Melita, Missy (2012) Fungsi Komunikasi Internal dalam Pemenuhan Informasi Karyawan PT 3M Indonesia. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (703kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (576kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (672kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (612kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (759kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (658kB)

Abstract

3M merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di St. Paul, Amerika Serikat dan dikenal sebagai perusahaan yang inovatif dan dinamis. Sejak 1975, 3M membuka fungsi operasionalnya di Indonesia, karena melihat peluang pasar yang begitu raksasa. Dengan inovasi dan kedinamisannya, PT 3M Indonesia bekerja secara konsisten dan kredibel untuk mempertahankan kepercayaan konsumen atas kualitas produk yang ditawarkan, untuk menunjang segala aspek kebutuhan hidup masyarakat. Divisi Corporate Strategy and Marketing (CSM) merupakan salah satu dari 12 divisi yang beroperasi di dalam perusahaan, pula merupakan satu-satunya divisi yang menjembatani hubungan antar divisi, perusahaan dengan publik, dan publik dengan perusahaan. Selama empat bulan, aktivitas yang rutin dilakukan oleh divisi CSM adalah menjembatani acara internal dan mempublikasikan informasi pada karyawan lewat media komunikasi internal, berupa newsletter, poster, dan e-mail. Diversifikasi latar belakang karyawan yang besar membuat peran komunikasi lewat media internal menjadi hal yang sangat esensial, guna menyamakan persepsi para karyawan dalam menerima dan menyampaikan informasi. Selain itu, adanya proyek transformasi bisnis yang sangat besar dimulai pada Oktober 2012 dan direncanakan untuk diluncurkan pada April 2013 membuat peran komunikasi internal menjadi pilar jembatan kesepahaman antara perusahaan dengan karyawannya, guna menghadapi perubahan yang signifikan. Oleh karena itu, praktik kerja magang di PT 3M Indonesia dimanfaatkan sebagai ajang pembelajaran untuk menggali pengetahuan dan pengalaman bagaimana menerapkan komunikasi internal melalui beberapa media internal.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Komunikasi Internal, Media Internal, dan 3M Indonesia
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 30 Apr 2024 01:35
Last Modified: 30 Apr 2024 01:35
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/30109

Actions (login required)

View Item View Item