Perwira, Fahmi (2013) Peran Direct Marketing dan Personal Selling dalam Meningkatkan Penjualan Asuransi PT AIA Financial. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (982kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (675kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (802kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) |
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (996kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (688kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (18MB) |
Abstract
PT AIA Financial Tbk merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia dan anak perusahaan dari AIA Group. AIA Group atau AIA Group Limited merupakan kelompok perusahaan asuransi jiwa pan-Asia independen terbesar di dunia yang tercatat di bursa saham Hong Kong yaitu Hang Seng Index. AIA sendiri sudah berdiri sejak 90 tahun yang lalu dan merupakan pemimpin pasar di wilayah Asia Pasifik, kecuali Jepang. AIA juga sudah melayani lebih dari 24 juta nasabah pemegang polis individu dan lebih dari 10 juta pemegang polis kumpulan (pemegang polis lebih dari 1 produk asuransi). Per 31 Mei 2012, asset AIA sudah menembus angka USD 119,494 juta AIA Financial menawarkan berbagai produk asuransi termasuk asuransi dengan prinsip Syariah. Asuransi yang dilayani oleh AIA Financial meliputi asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi yang dikaitkan dengan investasi, program kesejahteraaan karyawan, dan program pensiun. Keunggulan dan kinerja AIA Financial juga dibuktikan dengan banyaknya penghargaan yang diterima di bidang industri asuransi jiwa di Indonesia beberapa tahun terakhir ini. Beberapa diantaranya yang direbut pada 2013 adalah “The Most Profitable Investment” dan “The Best Islamic Life Insurance” dari Islamic Finance Award, “The Best of Indonesia Service to Care Champion” dari majalah Marketeers dan Markplus Insight, “Bronze Brand Champion of Best Customer Choice Brand” dalam kategori Unit Link Insurance dari majalah Marketeers dan Markplus Insight, dan masih banyak lagi penghargaan yang didapat oleh AIA Financial yang tidak dapat penulis paparkan satu per satu. Selama menjalani program kerja magang di Winner Blessing Agency, penulis melakukan analisa terhadap performa bisnis asuransi kantor Winner Blessing Agency sekaligus menjadi insurance consultant. Analisa bisnis yang penulis lakukan adalah active agents recruitment, First Year Premium analysis, dan sold products analysis. Analisa active agents recruitment adalah seberapa banyak agen baru yang sudah direkrut oleh Winner Blessing Agency selama setahun fiskal AIA Financial, sementara First Year Premium adalah premi yang terkumpul yang sudah diproduksi oleh agen-agen Winner Blessing Agency, dan yang terakhir yaitu sold product analysis menganalisa produk-produk apa saja yang paling laku dijual oleh agen-agen Winner Blessing Agency. Semua analisa tersebut penulis ambil datanya berdasarkan tahun fiskal AIA Financial yang dimulai dari November 2012 hingga November 2013. Selain itu, penulis juga berkesempatan untuk terjun ke lapangan bersama dengan agen lainnya untuk melakukan personal marketing asuransi, tetapi tidak sampai pada tahap penandatanganan perjanjian asuransi karena penulis tidak diperbolehkan untuk melakukan hal tersebut, sesuai dengan kebijakan pihak Universitas Multimedia Nusantara. Penulis memiliki kesimpulan bahwa AIA Financial harus lebih mengedepankan positioning sebagai perusahaan yang paling baik untuk merencanakan keuangan masyarakat dan juga perusahaan yang paling baik dalam hal proteksi jiwa, juga memprioritaskan pelayanan kepada nasabah AIA Financial apabila nasabah tersebut mengajukan klaim. Penulis menyarankan agar AIA Financial lebih menyentuh kaum muda dalam hal proteksi jiwa dan investasi karena semakin dini seseorang berasuransi, maka semakin terjaminlah kondisi finansialnya di masa depan nanti. AIA Financial juga bisa merambah media sosial seperti membuat akun Twitter karena menurut hasil survey penulis, AIA Financial tidak memiliki akun Twitter resmi, sementara masyarakat Indonesia sangat menyukai menggunakan Twitter dan tentu saja ini adalah kesempatan yang amat sayang apabila tidak digunakan. Tentu saja, potensi dunia maya tidak hanya di Twitter tetapi sangat luas. Dengan menggunakan media sosial tersebut, kaum muda bisa lebih tersentuh
Item Type: | Thesis (Internship) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > 368 Insurance 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 17 Oct 2024 06:21 |
Last Modified: | 17 Oct 2024 06:21 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/31845 |
Actions (login required)
View Item |