Peran Public Relations dalam Kampanye Komunikasi Nasional TNP2K untuk Penanggulangan Kemiskinan

Permadi, Tiara (2013) Peran Public Relations dalam Kampanye Komunikasi Nasional TNP2K untuk Penanggulangan Kemiskinan. Internship thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] Text
HALAMAN AWAL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (970kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (956kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)

Abstract

Public relations berperan strategis untuk membangun citra positif sehingga organisasi memperoleh dukungan dari publiknya. Sayangnya, beberapa organisasi pemerintah masih memandang PR sebagai fungsi pendukung (support) belaka. PR hanya diberikan tugas rutin, seperti kliping, dokumentasi kegiatan, atau menggelar konferensi pers. PR tidak dapat menjalankan perannya dengan maksimal karena terkendala birokrasi. Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) merupakan lembaga di bawah Wakil Presiden yang bertugas sebagai wadah koordinasi lintas sektor dan lintas pemangku kepentingan di tingkat pusat untuk melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan. Organisasi pemerintah, khususnya yang berada di tingkat nasional, menghadapi publik yang luas dan beragam. Komunikasi berperan penting untuk mengakomodasi berbagai kepentingan dari kelompok publik yang berbeda Divisi komunikasi TNP2K kini tengah merealisasikan kampanye sosial Indonesia Mampu, yang diharapkan dapat menjadi wadah program-program penanggulangan kemiskinan yang dilakukan oleh berbagai pihak. Dalam implementasi kampanye sosial Indonesia Mampu, TNP2K membutuhkan dukungan dari intern, salah satunya PR intern. PR intern bertugas untuk mendukung persiapan dan implementasi aktivitas komunikasi, khususnya terkait fungsi publication management. Beberapa tugas yang dilakukan antara lain: menyusun artikel publikasi, mengelola social media, dan mempersiapkan roadshow dan launching website Indonesia Mampu. Dalam implementasi aktivitas komunikasi, terkadang apa yang berjalan tidak sesuai dengan rencana yang dibuat. PR hendaknya mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut. PR dituntut untuk kreatif dan cepat tanggap, sehingga tujuan komunikasi yang direncanakan tetap dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Internship)
Keywords: Government Public Relations, Social Campaign
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status)
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 659 Advertising, Marketing and Public Relations
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Oct 2024 01:41
Last Modified: 21 Oct 2024 01:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/31875

Actions (login required)

View Item View Item