Pengaruh Influencer Ray4c terhadap Minat Beli Virtual Item Valorant di Tiktok

Fangtana, Krisandi (2023) Pengaruh Influencer Ray4c terhadap Minat Beli Virtual Item Valorant di Tiktok. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (856kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (918kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (876kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (461kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Era 4.0 ditandai oleh perkembangan teknologi yang sangat cepat. Perkembangan teknologi ini mendorong aplikasi media sosial dan industri gim untuk berkembang dengan pesat. Berbagai individu di media sosial menjadi influencer karena angka pengikut yang tinggi, sehingga mengubah cara perusahaan melakukan kampanye pemasaran mereka. Seiring dengan perkembangan media sosial, industri gim juga turut berkembang sehingga melahirkan banyak bintang-bintang baru, salah satunya adalah streamer Valorant RRQ, Ray4c. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dan seberapa besar pengaruh influencer Ray4c terhadap minat beli virtual item di Valorant. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dua variabel yaitu karakteristik influencer dan minat beli. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah followers Ray4c di Tiktok. Teknik pengumpulan data melalui survei diolah dengan perangkat lunak SPSS 26. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel karakteristik influencer (X) memiliki pengaruh terhadap minat beli (Y) karena nilai F hitung (427,360) yang lebih besar dari F tabel (3,91) dan terdapat pengaruh sebesar 74,3%. Hasil koefisien korelasi menunjukkan 0,862 menyatakan adanya hubungan yang sangat kuat antara variabel karakteristik influencer (X) dengan variabel minat beli (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah, adanya pengaruh karakteristik influencer Ray4c terhadap minat beli virtual item Valorant di Tiktok, dengan pengaruh sebesar 74,3%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Karakteristik Influencer,Media Sosial, Minat Beli, Industri Gim.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 02:41
Last Modified: 06 Nov 2024 02:41
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32228

Actions (login required)

View Item View Item