Heaven Sanjoyo, Feodra (2023) Pengaruh Perceived Value: Emotional Value, Social Value, Quality, dan Economical Value terhadap Loyalty yang Menimbulkan In-app Purchase Intention League of Legends: Wild Rift di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (3MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (406kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (311kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (180kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Diikuti dengan kecanggihan teknologi, industri game meningkat dengan sangat pesat khususnya di Indonesia. Hal tersebut selaras dengan fakta bahwa Indonesia merupakan negara ke-3 dengan total unduhan game terbanyak di dunia. Dengan meningkatnya minat gaming di Indonesia, perusahaan pengembang game internasional dan lokal mengambil kesempatan ini dan berbondong-bondong menciptakan game yang dapat menarik gamers. Freemium merupakan bisnis model yang populer untuk diterapkan pada game. Namun, kelemahan dari bisnis model freemium adalah rendahnya loyalitas konsumen, karena bisnis freemium memiliki switching cost yang rendah. Perceived Value merupakan nilai yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen dan dalam bisnis freemium nilai yang tepat akan berpengaruh terhadap loyalitas dan keinginan konsumen untuk melakukan pembelian. League of Legends: Wild Rift merupakan salah satu game yang diekspektasikan untuk menggemparkan dunia MOBA mobile gaming, karena merupakan versi mobile dari salah satu game PC dengan player terbanyak di dunia yaitu League of Legends. Namun, meski dengan kegiatan marketing yang cukup besar dan kolaborasi dengan gamers ternama, League of Legends: Wild Rift masih kesulitan untuk bersaing dalam hal pemasukan dengan kompetitornya. Maka dari itu, penelitian ini ingin mengetahui pengaruh dari Perceived Value: Emotional Value, Social Value, Economical Value, dan Quality terhadap Loyalty yang menimbulkan In-App Purchase Intention League Of Legends: Wild Rift di Indonesia. Penelitian ini ingin dianalisis secara kuantitatif sehingga menggunakan Conclusive Research Design. Total 224 sampel dengan karakteristik yang telah ditentukan dikumpulkan dengan teknik Non-Probability Sampling. Sampel data akan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan software SmartPLS 3. Kemudian, temuan dari penelitian ini adalah Emotional Value berpengaruh terhadap Loyalty dan In-App Purchase Intention, Social Value berpengaruh terhadap Loyalty dan In-App Purchase Intention , Economic Value berpengaruh terhadap Loyalty dan In-App Purchase Intention, Quality berpengaruh terhadap Loyalty namun tidak berpengaruh terhadap In-App Purchase Intention, dan Loyalty berpengaruh terhadap In-App Purchase Intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Mobile Game, Freemium, League of Legends: Wild Rift, Perceived Value, Loyalty, In-App Purchase Intention |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:16 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32348 |
Actions (login required)
View Item |