Gernard, Gernard (2024) Pengaruh Penglihatan, Pendengaran, Rasa, Penciuman, dan Sentuhan terhadap Kepuasan Pelanggan Kulo pada Generasi Z di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (648kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (4MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (6MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (9MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (1MB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (27MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh pemasaran sensorik terhadap kepuasan pelanggan dalam sektor bisnis makanan dan minuman, dengan fokus pada studi kasus yang dilakukan di kedai kopi Kulo. Pemasaran sensorik mengacu pada pemanfaatan rangsangan sensorik, seperti visual, suara, aroma, rasa, dan sentuhan, untuk menciptakan pengalaman yang mempengaruhi emosi dan persepsi pelanggan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada konsumen yang pernah berkunjung ke kedai kopi Kulo. Sampel penelitian berjumlah 120 responden yang telah dipilih dari Google Form yang peneliti sebar dan diolah menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penglihatan, pendengaran, perasa, penciuman, dan sentuhan terhadap kepuasan pelanggan di kedai kopi. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan stimuli sensorik yang tepat seperti aroma yang menyenangkan, interior yang bagus, musik yang sesuai, tempat duduk yang nyaman dan bersih serta ketepatan suhu ruangan yang diusung kedai kopi Kulo, dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan akan meningkatkan daya beli dan pembelian kembali pelanggan. Dengan meningkatnya daya beli dan pembelian kembali, maka keuntungan perusahaan akan meningkat. Temuan penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi manajemen kedai kopi Kulo. Dengan menerapkan pemasaran sensorik secara efektif, manajemen dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mendorong tingkat kunjungan kembali. Peneliti berharap pihak managemen kopi Kulo dapat meningkatkan kepuasan pelanggan melalui pemasaran sensorik dan pelayanannya.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Pemasaran Sensorik, Kepuasan pelanggan, Kedai Kopi, Penglihatan, Pendengaran, Perasa, Penciuman, Sentuhan |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 03:18 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 03:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32358 |
Actions (login required)
View Item |