Komunikasi Interpersonal untuk Pendidikan Seksual bagi Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau dari Perspektif Teori Penetrasi Sosial

Exell Widjaja, Christabel (2023) Komunikasi Interpersonal untuk Pendidikan Seksual bagi Anak Berkebutuhan Khusus Ditinjau dari Perspektif Teori Penetrasi Sosial. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (414kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (316kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (380kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (291kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (205kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (221kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Anak merupakan masa depan keluarga dan bangsa. Kelak mereka akan menjadi generasi penerus dalam banyak hal. Tingginya tingkat kekerasan seksual pada anak di zaman yang modern ini menjadikan pendidikan seksual hal yang sangat penting khususnya untuk anak ABK. Peran sekolah dan guru sangat krusial dalam memberikan wawasan tentang seksual kepada anak SD (Sekolah Dasar) ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) karena pertumbuhan anak SD adalah masa yang sangat kritis dalam pembentukan pola pikir dan karakter. Pendidikan seksual di sekolah yang diberikan oleh guru dapat membantu murid ABK menghindari perilaku seksual yang tidak sehat serta meningkatkan kesadaran akan hak ­ hak mereka terkait dengan tubuh dan seksualitas. Melihat tingginya tingkat kekerasan seksual pada anak ABK dan perbuatan menyimpang seksual saat ini. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal untuk Pendidikan Seksual bagi Anak Berkebutuhan Khusus ditinjau dari perspektif Teori Penetrasi Sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Guna mendukung penelitian ini, penulis menggunakan teknik purposive sampling dengan partisipan yang terdiri dari Kepala Sekolah SD Victory dan Guru SD Sekolah Victory serta Kepala Sekolah SD Tunas Mekar Indonesia dan guru SD Tunas Mekar Indonesia. Data didapatkan melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian ini Keterbukaan, empati, sikap positif, dan dukungan adalah fondasi dari terciptanya komunikasi interpersonal yang baik antara guru dan murid ABK di SD Victory dan SD Tunas Mekar Indonesia. Pendidikan seksual yang diberikan di sekolah inklusi juga dapat ditemukan implementasinya pada teori penetrasi sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Komunikasi Interpersonal, Pendidikan Seksual, Sekolah Dasar, Teori Penetrasi Sosial.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:26
Last Modified: 06 Nov 2024 03:26
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32383

Actions (login required)

View Item View Item