Feature Video Storytelling Breakdown dengan Tema Dinamika Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung

Herianto, Aksamala (2024) Feature Video Storytelling Breakdown dengan Tema Dinamika Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (221kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (796kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (533kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (207kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB)

Abstract

Perubahan dan inovasi pada teknologi tidak dapat dipisahkan dari perkembangan bidang jurnalisme sehingga kerap menciptakan kondisi baru yang memaksa para pelaku jurnalistik untuk terus bereaksi, reaksi dari para pelaku jurnalistik ini yang akhirnya melahirkan berbagai terobosan baru, salah satunya jurnalisme multimedia. Di Indonesia, praktik jurnalistik multimedia sudah mulai menjamur. Media-media massa besar sudah memanfaatkan media sosial dan situs daring untuk menyebarluaskan berita dan karya jurnalistik lainnya yang mereka buat agar mampu menjangkau audiens seluas-luasnya dengan waktu yang sesingkat-singkatnya. Namun, Hal tersebut yang pada akhirnya menyebabkan media-media massa dan daring kerap lebih mementingkan kuantintas dari karya jurnalistik yang mereka terbitkan atau unggah dibandingkan kualitas dari karya jurnalistik itu sendiri. Hal ini yang mendorong penulis untuk membuat sebuah karya jurnalistik yang sesuai dengan kode etik jurnalistik di Indonesia serta menjalankan sembilan elemen jurnalisme yang dibuat dalam bentuk feature video storytelling mengenai Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung. Untuk format karya, karya ini berbentuk video storytelling dengan dua episode yang setiap episodenya berdurasi 30 menit. Lalu, diunggah pada platform Youtube agar bisa diakses oleh masyarakat luas. Selain main platform, karya ini disokong platform promosi di media sosial Instagram dan Youtube Shorts yang dibuat secara khusus untuk membangun awareness dan mengajak masyarakat untuk menyaksikan dan memberi tanggapan terhadap karya ini karena kedua media sosial ini mampu menggapai audiens lebih luas lagi dengan fitur-fitur yang kedua media sosial ini miliki. Karya dibuat melewati proses praproduksi, produksi dan pascaproduksi. Per tanggal 11 Juni 2024, karya sudah ditonton sebanyak 134 kali dengan mendapatkan 26 likes di platform Youtube.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Feature, Storytelling, Kawasan Ekonomi Khusus, Tanjung Lesung
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:33
Last Modified: 06 Nov 2024 03:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32409

Actions (login required)

View Item View Item