Pola Konsumsi Berita Insidental di Instagram pada Generasi Z

Augustine Dilia, Vania (2024) Pola Konsumsi Berita Insidental di Instagram pada Generasi Z. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (482kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33MB)

Abstract

Perkembangan teknologi ikut mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan, salah satunya cara memperoleh informasi. Saat ini masyarakat dapat mengonsumsi segala jenis informasi melalui berbagai platform yang tersedia. Tak terkecuali informasi dalam media sosial. Kemudahan akses yang ditawarkan media sosial mendorong khalayak beralih menjadikan platform tersebut sebagai sumber informasi. Namun, banyaknya informasi yang tersedia di media sosial dapat memunculkan fenomena information overload, yaitu khalayak menerima informasi secara berlebihan. Tak terkecuali, informasi dalam bentuk berita. Saat mengonsumsi berita di media sosial, khalayak akan bertemu berita yang beragam. Cara khalayak untuk bertemu berita tersebut juga berbeda, yakni bisa secara insidental (tidak sengaja) atau intensional (disengaja). Sejumlah penelitian terdahulu menemukan bahwa khalayak lebih banyak bertemu berita secara insidental di media sosial. Penemuan terdahulu juga memaparkan bahwa saat bertemu berita insidental, khalayak mengalami beberapa tahapan yakni noticing, stopping, reading/capturing/sharing, dan returning/ wandering off. Mengacu pada penemuan tersebut peneliti bermaksud untuk mengkaji proses yang dilakukan khalayak saat bertemu berita insidental. Riset menunjukkan Instagram menjadi tiga media sosial teratas yang paling banyak digunakan khalayak. Sementara itu, generasi Z merupakan usia yang mendominasi pengguna Instagram. Untuk itu, penelitian ini dilakukan kepada generasi Z yang merupakan pengguna Instagram. Dengan melakukan wawancara dan scrollback social media pada 10 informan, ditemukan bahwa khalayak melakukan tahapan noticing, dan tertarik pada judul berita serta beberapa topik yang berkaitan dengan proximity, timeliness, dan uniqueness. Khalayak melakukan stopping dan membaca berita karena mereka tidak ingin tertinggal informasi (fear of missing out). Pada tahapan reading, khalayak memperhatikan elemen visual pada unggahan berita, seperti foto atau video. Pada tahapan sharing/capturing, khalayak menyimpan/ membagikan berita beberapa topik yang berkaitan dengan proximity, timeliness, dan conflict. Setelah melewati tiga tahap tersebut, sebagian besar khalayak melakukan returning.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Berita Insidental, Pola Konsumsi, Media Sosial
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Nov 2024 03:37
Last Modified: 06 Nov 2024 03:37
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/32419

Actions (login required)

View Item View Item